Lantai Area Pabrik Sulit Menentukan Keramik, Ini Solusinya

Rabu, 14 Juli 2021 - 22:50 WIB
loading...
Lantai Area Pabrik Sulit Menentukan Keramik, Ini Solusinya
Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
BOGOR - Dibanding l antai rumah biasa yang umumnya menggunakan keramik, lantai untuk area pabrik mempunyai kebutuhan khusus. Karena itu, salah satu teknik aplikasi lantai yang biasa digunakan pada area pabrik adalah industrial flooring.

CEO Cipta Sarana Mandiri, Damardono menerangkan, industrial flooring merupakan lantai poliuretan canggih untuk area yang sering terpapar pekerjaan kasar. Baca juga: Jangan Anggap Remeh Peran dan Fungsi Lantai Rumah Kita

"Sistem lantai ini memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap tekanan mekanik, kimia, dan suhu drastis. Sistem lantai ini dapat mempertahankan bentuknya hingga pada suhu 130 °C," Jelas Damardono, Rabu (14/7/2021).

Tantangannya, lanjut dia, adalah lantai pabrik mempunyai beragam jenis. Jenis lantai pabrik paling utama bisa dikategorikan menjadi dua jaitu untuk lantai heavy duty yaitu lantai ini dilintasi beban berat seperti forklift dan light duty yaitu lantai yang dilintasi beban ringan seperti lintasan pejalan kaki. "Dan setiap jenis ini perlu produk khusus," pungkasnya.

Lantai pabrik juga biasanya mempunyai area yang sangat luas sehingga pekerjaan lantai membutuhkan mobilitas sumber daya manusia dan alat berkali-kali. Lokasi proyek pengerjaan lantai pabrik biasanya juga berada jauh dari pusat kota, sehingga tim pekerja harus diberangkatkan dan menetap disana.

"Selain itu biasanya pengerjaan lantai pabrik dilakukan di awal dan karena kondisi pabrik tersebut masih baru, yang menyebabkan fasilitas listrik masih minimal sehingga aplikator perlu melakukan pengadaan listrik atau genset. Pekerja lantai juga perlu melakukan koordinasi dengan kontraktor lain agar pekerjaan kontraktor lain tidak berpengaruh terhadap lantai yang masih basah," bebernya.

Dengan kondisi khusus tersebut, pemilik area pabrik perlu memilih produk dan jasa industrial flooring yang tepat. Salah satu produk industrial flooring adalah Ucrete dari Master Builders Solutions.

"Ucrete banyak digunakan dalam industri makanan dan minuman, kimia dan farmasi untuk memberikan solusi lantai tahan lama di lingkungan yang agresif," ujarnya. Baca juga: Horor, 52 Orang Hangus Terbakar dalam Kebakaran Pabrik Bangladesh

Ucrete MF diaplikasikan untuk kondisi lantai yang membutuhkan ketahanan kimiawi maksimal dan kebutuhan akan permukaan yang halus, rata, dan mudah dibersihkan. "Produk ini mempunyai waktu pengeringan yang singkat," tutupnya.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3736 seconds (10.101#12.26)