Seiring Kebutuhan Dunia Industri, Program Studi Informatika Sangat Diminati

Selasa, 13 Juli 2021 - 23:29 WIB
loading...
Seiring Kebutuhan Dunia Industri, Program Studi Informatika Sangat Diminati
Universitas Nusa Mandiri (UNM). Foto istimewa
A A A
BOGOR - Di era 2021 ini belajar teknologi informasi sangat diminati seiring meningkatnya kebutuhan dunia industri . Meningkatnya kebutuhan industri memacu pengembangan ilmu teknologi informasi.

Kaprodi Informatika Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM), Anton mengatakan, perkembangan kebutuan dunia industri memacu minat kalangan anak muda untuk menekuni ilmu teknologi informasi.

“Peminat prodi (program studi) Informatika setiap tahunnya selalu meningkat di kalangan anak muda. Selain prospek kerjanya yang luas, ilmu teknologi informasi terus berkembang di setiap kehidupan dan tidak akan ketinggalan zaman,” ujar Anto, Selasa (13/7/2021).

Menurut Anton, untuk menjawab kebutauhan saat ini, UNM di bawah Fakultas Teknologi Informasi (FTI) kini memiliki program studi (prodi) atau jurusan Informatika. Melalui jurusan Informatika, mahasiswa mempelajari pemrograman, pengembangan perangkat lunak (software) dan teknologi jaringan komputer.

Selain belajar, mahasiswa juga diberi pelatihan seperti membangun website, membuat aplikasi dekstop, membuat aplikasi android, sertifikasi cisco netacad academy, sertifikasi mikrotik, sertifikasi administrasi madya dan lain sebagainya.

Anton mengatakan, ada banyak peluang kerja bagi sarjana komputer. Antara lain profesi sebai programmer, software developer, web designer. "Web designer bertugas merancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer," katanya.

Peluang lain adalah system analyst, IT consultant, software engineer, database engineer, IT executive, network administrator, dan network support engineer, sebua profesi yang yang bertugas melakukan analisis sistem jaringan.

Jadi, para lulusan sarjana komputer bisa bekerja di berbagai bidang. "Selain menjadi seorang programmer atau bekerja di perkantoran, perusahaan startup, atau menjadi pengusaha, peluang pekerjaan sangat luas dan fleksibel untuk mahasiswa sarjana komputer,” katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)