Infrastruktur Jalan Digenjot, Pariwisata di Torut Kian Menggeliat

Senin, 12 Juli 2021 - 12:03 WIB
loading...
A A A
“Saat ini masyarakat sangat senang dengan bagusnya jalan menuju tempat wisata. Meski masih ada jalan yang sempit dan belum ada lampu jalannya. Kami berharap pemerintah terus membenahi jalan dan perangkat lainnya,” paparnya.



Dengan membaiknya akses jalan menuju tempat wisata pengunjung wisata semakin banyak yang berdatangan, bahkan pada hari-hari libur tempat penginapan penuh. Dan warga juga banyak yang menyewakan tenda-tenda dan rumahnya untuk para pelancong dari berbagai daerah yang datang ke Toraja Utara.

Kepala UPT Wilayah II Enrekang, Tana Toraja dan Toraja Utara, Kristian Sampe Buah mengungkapkan, pembangunan jalan ruas Rantepao-Sadan-Batusitanduk dengan panjang tuas jalan 11,4 kilometer (km), di mana dalam pengerjaannya terbagi dua segmen. Dan dalam perjalanan pengerjaannya terkendala lahan hutan lindung milik kehutanan.

“Setelah kami laporkan ke pemerintah provinsi akhirnya mendapatkan solusinya dengan memunculkan pengerjaan segmen tiga,” tandasnya.

Untuk segmen pertama, minus pekerjaan marka, segmen kedua pekerjaan LPA yang layak, dan segmen ketiga pengerjaan jalan yang ada di hutan lindung dialihkan ke jalan ruas Rantepao-Sadan-Batusitanduk ini.

Untuk pengerjaan segmen ketiga ini, khusus bahu jalan rehat beton pengerjaannya mencapai 90%. Dan secara keseluruhan progres pengerjaannya sudah mencapai 80%.

“Sebenarnya agak terlambat bukan karena kontraktor, tapi ada lahan kita ambil dan ada rumah yang kita rombak total untuk pengerjaan jalan yang sementara kita kerjakan,” tandasnya.



Selanjutnya, untuk progres penyelesaian jalan yang menghubungkan Kabupaten Luwu tersebut akan rampung sekitar bulan Agustus 2021. Untuk anggaran proyek ini menelan anggaran mencapai Rp72 miliar dari anggaran program pemulihan ekonomi nasional (PEN), di mana kontraknya dimulai 24 Desember 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)