Dansatgas TMMD Kodim 1412 Kolaka Imbau Warga Bijak Bermedsos

Jum'at, 09 Juli 2021 - 17:25 WIB
loading...
Dansatgas TMMD Kodim 1412 Kolaka Imbau Warga Bijak Bermedsos
Dansatgas TMMD Kodim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa Wahyu Pudji Setiawan mengimbau warga bijak dalam menggunakan medsos. Foto/iNews TV/Asdar Lantoro
A A A
KOLAKA TIMUR - Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1412 Kolaka , Letkol Inf Risa Wahyu Pudji Setiawan mengimbau warga bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

Baca juga: Bisa Cepat Negatif Usai Terpapar COVID-19, Wabup Majalengka Ungkap Rahasianya

Risa yang juga menjabat Dandim 1412 Kolaka menyampaikan hal itu saat program non fisik TMMD kepada masyarakat Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan tema cerdas dan bijak menggunakan media sosial di era digital literasi dan informasi.

Baca juga: Bikin Haru! Puskesmas Penuh, Kapolsek Relakan Rumah Dinas Jadi Ruang Isolasi

Dansatgas memaparkan dampak positif internet, batasan di media sosial, upaya mengatasi bahaya jejaring sosial, dampak jejaring sosial, dampak negatif jejaring sosial, dan sejumlah materi lainnya agar masyarakat tambah bijak menggunakan medsos. Apalagi saat ini banyak kasus akibat salah menggunakan media sosial atau medsos.

Sejumlah dampak buruk jejaring sosial, kata dia, di antaranya kecanduan, lupa waktu, berpotensi terperangkap dalam kejahatan internet, tergantikan kehidupan sosialnya, tersebarnya data penting yang tidak semestinya. Dampak buruk lainnya yakni pornografi, kurang bersosialisasi langsung dengan lingkungan, kesehatan, berkurangnya berhatian untuk keluarga, dan berpotensi membuat prestasi belajar anak menurun lantaran kurang mengatur waktu.

Meski demikian, ada pula dampak positif dari penggunaan internet jika digunakan dengan baik, yakni mendapat teman baik, memudahkan komunikasi tanpa terbatas ruang dan waktu, sarana berdiskusi, sarana promosi, dan memperluas jangkauan informasi.

"Sama seperti di dunia nyata, di dunia maya pun kemerdekaan berbicara punya batasannya agar lebih menghargai hak-hak dan reputasi orang lain, melindungi keamanan dan ketertiban serta moral publik. Medsos juga bukan sarana untuk menyebarkan kebencian yang mengarah pada rasisme dan tidak mengganggu keamanan nasional," jelasnya, Jumat (9/7/2021).

Oleh karena itu, dirinya berharap agar masyarakat tidak salah dalam menggunakan media sosial, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami berharap agar masyarakat paham dan tidak asal mengaplod atau mengirim hal-hal negatif di medsos karena bisa berakibat fatal," harapnya.

Sosialisasi bijak bermedia sosial adalah satu dari total sepuluh item program nonfisik TMMD Kodim 1412 Kolaka, selain program fisik lainnya yang tersebar di Desa Aere, Rubia, dan Desa Pekorea.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)