COVID-19 Menggila, UGM Ubah Wisma Mardliyyah Islamic Center Jadi Shelter Pasien

Jum'at, 09 Juli 2021 - 11:34 WIB
loading...
COVID-19 Menggila, UGM Ubah Wisma Mardliyyah Islamic Center Jadi Shelter Pasien
Petugas menyiapkan fasilitas shelter di Wisma Mardliyyah Islamic Center (MIC) UGM Jalan Kesehatan, Sekip Utara, Sinduadi, Mlati, Sleman, DIY. Foto/Humas UGM
A A A
SLEMAN - Universitas Gadjah Mada (UGM) mengubah Wisma Mardliyyah Islamic Center (MIC) di Jalan Kesehatan, Sekip Utara, Sinduadi, Mlati, Sleman sebagai shelter pasien COVID-19 . Sebanyak 136 kamar disiapkan untuk merawat pasien COVID-19 dengan gejala ringan.

Baca juga: Harga Obat di Semarang Melonjak, Wali Kota Buru Distributor Nakal

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengatakan, shelter di Wisma MIC UGM dikelola layaknya rumah sakit. Selain menyediakan tenaga kesehatan (nakes), perawatan dan obat-obatan standar, juga diberikan program untuk mempercepat penyembuhan pasien COVID-19 .

Baca juga: Istrinya yang Hamil 7 Bulan Meninggal, Suami di Bangkalan Ini Mengamuk di Rumah Sakit

"Kami harapkan ini dapat membantu dalam penangganan darurat l onjakan pasien COVID-19 ,” kata Panut di Sleman, Kamis (9/7/2021).

Selain MIC, maka untuk mempermudah layanan perawatan COVID-19 UGM juga menyiapkan asrama mahasiswa, Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) UGM Wanagama, Gunungkidul dan asrama Laboratorium Geologi di Bayat, Klaten untuk shelter.



Sehingga cakupan layanan tidak hanya di Yogyakarta, tetapi juga di daerah lain seperti Gunungkidul dan Klaten. Sebelumnya, UGM Residence yang mengelola 8 asrama dengan kapasitas 2.617 bed dan 1.399 kamar juga telah dipergunakan sebagai shelter penderita COVID-19.

Direktur Kemitraan, Alumni dan Urusan Internasional, Dr Danang Sri Hadmoko menambahkan, selain shelter, UGM juga akan membatu menyiapkan pasokan oksigen di rumah sakit, khususnya RSUP Dr Sardjito dan RSA UGM. Diharapkan minggu depan akan ada pasokan oksigen rutin yang dilakukan untuk membantu pasokan regular di rumah sakit tersebut.

"Berkat dukungan para donatur, mitra dan sahabat UGM, saat ini juga sudah tersedia 200 bed, 136 set meja lipat dan kursi, 136 buah smart TV 32 inci dan 136 kulkas. Semoga segera bisa dimanfaatkan," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4563 seconds (0.1#10.140)