Forum Aksi Guru Jabar Tak Rekomendasikan Siswa Masuk Sekolah 15 Juni

Rabu, 27 Mei 2020 - 11:50 WIB
loading...
Forum Aksi Guru Jabar Tak Rekomendasikan Siswa Masuk Sekolah 15 Juni
Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI).Foto/Dok Okezone
A A A
BANDUNG - Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat (Jabar) tidak merekomendasikan siswa masuk sekolah dalam waktu dekat. Apalagi, kasus COVID-19 hingga kini grafiknya masih terus bertambah.

"FAGI Jabar tidak rekomendasikan siswa masuk sekolah, termasuk untuk ujian PAT (penilaian akhir tahun) pada Juni ini. Kalau nanti tahun ajaran baru mau sekolah, juga lihat kasus positif Corona ini seperti apa," kata Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan, Rabu (27/5/2020).

Menurut dia, kalaupun siswa harus dipaksakan sekolah, mesti ada protokol kesehatan yang ketat ditetapkan kepada siswa. Siswa juga tidak bisa sekolah seperti sedia kala, tetapi ada sistem pembelajaran baru yang mesti diterapkan.

Misalnya, sekolah harus siapkan ruang belajar yang sudah disemprot desinfektan, ada hand sanitizer di tiap kelas, dan UKS harus punya APD, asmat, dan lainnya.

"Sekolah harus betul-betul siap, termasuk aturan jaga jarak. Nah ini bagiamana, apakah masuk semua setiap kelas, atau dibagi dua. Misalnya dari 36 siswa dibagi dua, sift pagi atau siang. Kalau 36 masuk semua enggak bisa, harus setengah," beber Iwan, Rabu (27/5/2020).

Protokol kesehatan yang ketat bagi siswa, kata dia, penting untuk menjaga penyebaran Corona di lingkungan pendidikan. Karena, bila ada satu siswa atau guru yang positif, maka satu sekolah harus menjalani uji cepat atau PCR COVID-19.

"Jadi leading sectornya tinggal pemerintah daerah dan sekolah. Bagaimana menerapkannya. Tapi tidak semua sekolah disamakan. Daerah merah mungkin enggak bisa," imbuh dia.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)