Operasional PT TPL di Kawasan Danau Toba Dijamin Tidak Berdampak Negatif

Senin, 05 Juli 2021 - 10:34 WIB
loading...
Operasional PT TPL di Kawasan Danau Toba Dijamin Tidak Berdampak Negatif
PT Toba Pulp Lestari (TPL) menjamin kegiatan operasional perusahaan tetap memperhatikan koridor sosial dan lingkungan. Foto SINDOnews
A A A
SIMALUNGUN - PT Toba Pulp Lestari (TPL) menjamin kegiatan operasional perusahaan tetap memperhatikan koridor sosial dan lingkungan . Toba Pulp Lestari menggandeng lembaga independen untuk melakukan audit terhadap aspek lingkungan dan sosial.

Direktur Toba Pulp Lestari Jandres Silalahi, dalam siaran pers, Senin (5/7/2021) mengatakan, Toba Pulp Lestari mengambil pendekatan holistik untuk konservasi hutan alamdengan melakukan penilaian Stok Karbon Tinggi (HCS) dan Nilai Konservasi Tinggi (HCV) pada setiap daerah baru yang ditargetkan untuk pengembangan. Baca juga:
Majukan KSPN, Kemenhub Siapkan 12 Dermaga dan Kapal di Danau Toba

"Perusahaan tidak akan melakukan pengembangan terhadap daerah yang masuk kategori HCS dan HCV yang dalam hal ini adalah kawasan hutan lindung," ujar Jandres.

Jandres mengatakan dari total gross luas pengelolaan hutan yang mencapai 167.912 hektare, perusahaan hanya mengalokasi sebanyak 70.074 hektare (42%) untuk tanaman pokok atau tanaman produksi. Sementara sisanya seluas 55.316 hektare (33%) dialokasikan untuk tanaman kehidupan dan 42,522 (25%) sebagai kawasan lindung.

Meskipun perusahaan telah mengalokasikan 70.074 hektare untuk tanaman pokok/tanaman produksi, namun realisasi lahan yang dimanfaatkan hanya mencapai 48.000 hektare.

Ini karena di dalam merealisasikan kebutuhan tersebut, Toba Pulp Lestari harus memperhatikan aspek-aspek sosial, topografi, lingkungan serta aspek-aspek sustainability yang telah menjadi komitmen perusahaan, seperti HCV dan HCS.

"Tudingan sejumlah pihak tidak benar. Menyebutkan bahwa kegiatan operasi perusahaan di wilayah Danau Toba berdampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat,"sebut Jandres.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)