Rumah Sakit di Surabaya Tak Kuat Lagi Tampung Pasien, Lapangan Tembak pun Disulap Jadi RS Lapangan

Minggu, 04 Juli 2021 - 10:16 WIB
loading...
Rumah Sakit di Surabaya Tak Kuat Lagi Tampung Pasien, Lapangan Tembak pun Disulap Jadi RS Lapangan
Lapangan tembak yang berada di kawasan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak akan menjadi RS lapangan COVID-19.
A A A
SURABAYA - Lonjakan kasus COVID-19 terus terjadi. Rumah sakit (RS) sudah tak kuat lagi menampung pasien. RS lapangan terus ditambah untuk bisa menampung warga yang dirawat serta isolasi mandiri. Salah satu bangunan yang kini terus dipercepat untuk bisa menjadi RS adalah lapangan tembak, Minggu (4/7/2021).

Lapangan tembak yang berada di kawasan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak merupakan icon Surabaya. Tempat ini merupakan lapangan yang berstandart internasional dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melihatnya cocok untuk menjadi rumah sakit lapangan guna merawat warga yang akan isolasi mandiri.

Eri menuturkan, dipilihnya lapangan tembak karena banyak ruangan yang sangat luas dan sangat cocok untuk dijadikan ruang isolasi pasien COVID-19. Sehinga lapangan tembak yang bertaraf internasional itu sangat cocok untuk dijadikan rumah sakit lapangan menampung pasien COVID-19, terutama yang masih gejala ringan.

Baca juga: Ratusan Pelanggar PPKM Darurat Langsung Dihukum Keliling ke Makam COVID-19

Sampai pagi ini, satgas dari DKRTH, DPRKPCKTR, dan satgas dari Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, ditambah satgas dari Dinas Pemuda dan Olahraga, dan beberapa satgas lainnya terus membersihkan dan menyiapkan lapangan tembak itu menjadi rumah sakit lapangan penanganan COVID-19.

Eri juga meminta perbaikan beberapa ruangan. Pada beberapa ruangan juga ditambah fasilitasnya. Akhirnya, lapangan tembak itu benar-benar akan ‘disulap’ menjadi rumah sakit lapangan untuk merawat pasien COVID-19.

Eri menuturkan, sampai hari ini di Surabaya banyak yang melakukan isolasi mandiri. Bahkan, ia juga memastikan banyak yang ingin masuk ke Hotel Asrama Haji ketika sudah terpapar COVID-19 untuk melindungi keluarganya masing-masing. “Hari ini di Asrama haji yang antri sudah 700 orang, sehingga hari ini kita membuat tempat untuk rumah sakit lapangan isolasi mandiri, seperti di Asrama Haji itu,” kata Eri.

Baca juga: Raih 69 Suara, Khofifah Jadi Ketua Umum IKA Universitas Airlangga

Nantinya, di tempat itu juga akan ada perawatnya dan lapangan tembak di Kedung Cowek itu terus ditata untuk mempersiapkan rumah sakit lapangan itu. Setidaknya, ada empat tempat yang sangat lebar dan luas yang bisa dijadikan tempat perawatan pasien COVID-19 itu.

“Jadi, dari depan pintu masuk, dari bawah itu akan ada tempat IGD, setelah itu baru dimasukkan ke kamar-kamar. Insyallah hari ini kita siapkan semuanya dengan mengerahkan semua satgas, kita siapkan tempat tidurnya dan semuanya. Senin insyallah sudah bisa dioperasionalkan rumah sakit lapangan di lapangan tembak ini, semoga bisa bermanfaat,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)