Pembangunan Huntap Luwu Utara Akan Gunakan Teknologi Risha

Sabtu, 03 Juli 2021 - 12:32 WIB
loading...
Pembangunan Huntap Luwu Utara Akan Gunakan Teknologi Risha
Suasana ekspose pembangunan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) tipe 36 kopel oleh BNPB. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Pembangunan rumah hunian tetap (Huntap) bagi korban bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, bakal menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) tipe 36 kopel.

Pembangunan huntap ini dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membangun 897 unit bagi korban bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara ditarget selesai pada Desember 2021 mendatang.



Kasubid Rehabilitasi Ismar Sukma BPBD Luwu Utara menyebutkan bahwa konstruksi Risha ini terdiri dari panel-panel beton.

Meski begitu, aplikator huntap Risha baru sebatas melakukan ekspose produk terkait kualitas rumah berteknologi Risha tersebut.

“Baru sebatas memperkenalkan produk,” kata Ismar yang ikut hadir dalam ekspose pembangunan Risha BNPB, Kamis (1/7/2021), di Ruang Command Center Kantor Bupati.

Salah satu kelebihan Risha, kata Ismar, bisa dibangun dalam jangka waktu cepat dengan menggunakan konstruksi panel beton bertulang pada struktur utamanya. “Dapat dibangun dengan cepat. Untuk satu kopel bisa seminggu selesai. Satu kopel dua rumah,” sebut dia.

Yang menarik, lanjut Ismar, pengerjaannya dilakukan dengan melibatkan masyarakat. “Rencananya, pekerjaan huntap akan dilakukan dengan sistem padat karya dengan melibatkan masyarakat, tapi tetap ada pengawasan mutu dari pihak perusahaan,” terang dia.



Ekspose Pembangunan Rumah Risha ini juga dihadiri Wakil Bupati Suaib Mansur , Asisten II Bambang Irawan, Kepala Bappelitbangda Alauddin Sukri, pihak perusahaan dari PT. Global Tri Jaya sebagai penyedia Risha, serta para perwakilan dari Perangkat Daerah terkait.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2294 seconds (0.1#10.140)