Selaku Wadah Pemerintah Desa, Peran APDESI Dinilai Sangat Penting dan Strategis

Selasa, 29 Juni 2021 - 21:39 WIB
loading...
Selaku Wadah Pemerintah Desa, Peran APDESI Dinilai Sangat Penting dan Strategis
Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid foto bersama usai membuka acara Rapat Koordinasi Kepala Desa se-Kabupaten Bangka Selatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan di Puja Sera Jembatan Cinta Desa Tukak, Rabu (23/06/21).
A A A
TUKAK SADAI - Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid membuka secara langsung Rapat Koordinasi Kepala Desa se-Kabupaten Bangka Selatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan di Puja Sera Jembatan Cinta Desa Tukak, Rabu (23/06/21). Rapat mengangkat tema "Sinergitas Pemerintah Desa Dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Di Desa".

Dalam acara tersebut, turut hadir AKPB Joko Isnawan, Pabung Kodim 014 Bangka untuk Wilayah Bangka Selatan Letkol Inf Saldifa, Kajari Bangka Selatan yang diwakili Kepala Seksi Datun Kurniawan Harahab, Ketua DPC APDESI Bangka Selatan yang juga menjabat sebagai kepala Desa Gadung Ahmad Basahir.

Acara juga dihadiri Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan Herman, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bangka Selatan Riswady.

Selaku Wadah Pemerintah Desa, Peran APDESI Dinilai Sangat Penting dan Strategis


Selain itu, hadir juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi, Koperasi dan UKM Haris Setiawan, Kasat Pol PP Kabupaten Bangka Selatan Firmasyah, Camat se-Kabupaten Bangka Selatan dan Kepala Desa se-Kabupaten Bangka Selatan.

"Sengaja kami mengambil tema Rakor ini yaitu sinergitas percepatan pembangunan di desa, pembangunan dalam arti tidak cuma fisik tapi banyak seperti pembangunan indek manusia dan lain-lain, " kata Ketua DPC APDESI Bangka Selatan Ahmad Basahir.

Ia juga menyatakan ke depan untuk para kepala desa bisa menjaga kekompakan. Mereka diharapkan juga saling koordinasi. "Kita harapkan jangan bosan-bosan atau segan-segan saling koordinasi serta komunikasi terutama kepada bapak kita Bupati Bangka Selatan dan mari kita disiplin waktu, dan disiplin administrasi," ujarnya.

Sementara Bupati Riza Herdavid dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran dari OPD dan instansi yang terkait sangat penting dalam mendukung pembangunan di desa. Begitu juga dengan peranan APDESI selaku wadah dari pemerintah desa sangat penting dan strategis, khususnya dalam pelayanan penyaluran keuangan, pembinaan terhadap desa, pendampingan hukum, pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat.

"Dengan peranan tersebut, APDESI harus bisa mendorong aparatur pemerintah desa untuk memberikan sumbangsih pemikiran, ide, gagasan maupun inovasi dalam rangka melaksanakan pembangunan di desa dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa," tutur Bupati.

Riza juga menjelaskan bahwa hubungan pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dengan DPC APDESI Kabupaten Bangka Selatan sudah terjalin dengan baik.

"Seperti pelaksanaan bimbingan teknis bagi aparatur pemerintah desa sudah dilaksanakan secara mandiri oleh pemerintah desa melalui DPC APDESI Kabupaten Bangka Selatan dengan tentunya didampingi oleh OPD terkait sehingga sinergitas yang baik bisa terjadi, " ucap Riza.

Selanjutnya ia berharap bisa mendapatkan masukan-masukan dari APDESI terkait pelaksanaan kebijakan.

"Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berharap bisa mendapatkan masukan-masukan dari APDESI terkait pelaksanaan kebijakan yang akan ditetapkan khususnya yang berhubungan dengan desa sehingga kebijakan yang ditetapkan bisa tepat sasaran," katanya. (CM)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)