Gempa M5,3 Guncang Gunungkidul, Puluhan Rumah Dilaporkan Rusak

Senin, 28 Juni 2021 - 12:12 WIB
loading...
Gempa M5,3 Guncang Gunungkidul, Puluhan Rumah Dilaporkan Rusak
Salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa M5,3 yang terjadi di Gunungkidul, Senin (28/6/2021).
A A A
GUNUNGKIDUL - Gempa dengan Magnitudo 5,3 , yang terjadi di selatan Gunungkidul tidak hanya menyebabkan kepanikan warga akibat kerasnya getaran yang dirasakan. Namun demikian puluhan rumah juga dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi pada pukul 05.15 WIB tersebut.

Di Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Purwosari, tercatat 16 rumah warga mengalami kerusakan. Namin demikian kerusakan tergolong rusak ringan. "Kami langsung melakukan pendataan , ada 16 runah warga kami yabg mengalami kerusakan akibat gempa pagi tadi," terang Lurah Giripurwo Supriyadi kepada MNC Portal Indonesia, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Empat Menit Sebelum Gempa M5,3 Guncang Gunungkidul, Merapi Semburkan Wedus Gembel

Dijelaskannya, rata rata kerusakan akibat gempa adalah genteng yang melorot dari atap rumah. Selain itu dua rumah yang rusak sedang karena plafon dan atap rumah yang ambrol. "Warga pagi ini langsung kerja bakti memperbaiki atap rumah dan mengembalikan genting yang rusak porak poranda," katanya.

Selain di Giripurwo, juga dilaporkan 14 rumah warga di Kalurahan Girisekar Kapanewon Panggang juga mengalami kerusakan. Rata- rata genteng rumah yang porak-poranda akibat gempa yang cukup kencang dirasakan.

Baca juga: Tambah Ruang Isolasi OTG, Pemprov Jatim Sediakan 1.668 Tempat Tidur

"14 rumah warga kami uang atapnya porak poranda. Namun masih bisa diatasi karena langsung ada kegiatan kerjabakti," ucap Lurah Girisekar Sutarpan.

Kepala Palaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki masih terus menerjunkan tim untuk melakukan pendataan. "Data belum banyak yang masuk. Saat ini masih proses ," ucapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2030 seconds (0.1#10.140)