Gempa M5,3 Guncang Gunungkidul, Getarannya Dirasakan di Semua Pos Pengamatan Merapi

Senin, 28 Juni 2021 - 06:19 WIB
loading...
Gempa M5,3 Guncang Gunungkidul, Getarannya Dirasakan di Semua Pos Pengamatan Merapi
Gempa dengan Magnitudo 5,3 yang mengguncang Gunungkidul juga dirasakan warga di beberapa kabupaten lain di DIY. Bahkan juga terasa di semua Pos Pengamatan Gunung Merapi. Foto getaran Gempa Gunungkidul/BPPTKG
A A A
YOGYAKARTA - Gempa bumi dengan Magnitudo 5,3 yang mengguncang Gunungkidul juga dirasakan warga di beberapa kabupaten lain di DIY. Bahkan getaran gempa juga terasa di semua pos pengamatan Gunung Merapi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG ) Hanik Humaida mengatakan, gempa tektonik pagi ini dirasakan di seluruh pos-pos pengamatan Gunung Merapi.

Di antaranya di pos pengamatan di Kaliurang, Sleman, Babadan, Magelang hingga di Jrakah Boyolali. "Gempa dirasakan di semua pos pengamatan namun belum ada kejadian yang signifikan pada aktivitas Merapi," terangnya di Yogyakarta, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Gempa M5,3 di Pagi Buta Bikin Panik Warga Gunungkidul DIY Berhamburan Keluar Rumah

Dengan kejadian ini pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, namun tidak perlu panik. "Aktivitas Merapi akan selalu kami laporkan periodik atau saat kejadian awan panas guguran," kata dia.

Hingga berita ini diturunkan gempa dilaporkan dirasakan warga baik di Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta dan Sleman.

Ida, warga Donokerto, Turi, Sleman yang berada di lereng Merapi mengaku guncangan gempa sangat terasa. ''Grek, grek, lemari kaca sampai bunyi begitu," katanya. Dia menyebut guncangan berlangsung tidak terlalu lama, " ungkap Ida.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)