COVID-19 Makin Menggila, Pendirian Rumah Sakit Darurat Digencarkan

Minggu, 27 Juni 2021 - 18:27 WIB
loading...
COVID-19 Makin Menggila, Pendirian Rumah Sakit Darurat Digencarkan
Pendirian rumah sakit darurat digencarkan, menyusul semakin banyaknya kasus COVID-19.Foto/dok
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mendorong kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk menyiapkan rumah sakit darurat COVID-19. Termasuk meningkatkan beberapa tempat isolasi terpusat dengan memenuhi kebutuhan alat kesehatan yang bersumber dari dana refocusing APBD.

"Kami lagi gaspol untuk menambah tempat tidur, sudah ada 2.121 yang on going. Kita sudah mulai mendorong agar setiap Kabupaten/Kota membuat rumah sakit darurat dengan memanfaatkan potensi gedung-gedung yang kita miliki," kata Ganjar saat mengikuti rapat koordinasi penanganan COVID-19 yang dipimpin Menko Perekonomian secara daring, Minggu (27/6/2021).

Baca juga: COVID-19 Mengila, Barak Pengungsian Merapi di Sleman Jadi Ruang Isolasi Mandiri

Setidaknya di Jawa Tengah sudah ada empat daerah yang menyiapkan rumah sakit atau tempat isolasi terpusat dengan memanfaatkan tempat yang ada. Misalnya Solo yang dibantu oleh KSAD, kemudian di Kabupaten Kendal dan Kota Semarang yang memanfaatkan rusunawa, kemudian di Kabupaten Banyumas yang memakai hotel.

"Sekarang kita coba bantu, kalau yankes (pelayanan kesehatan) sudah ada maka alkes (alat kesehatan) dan nakes (tenaga kesehatan) yang saat ini masih problem," kata Ganjar.

Adapun mengenai penambahan alkes tersebut, Ganjar juga mengajak kepala daerah untuk mempercepat belanja dana hasil refocusing APBD. Belanja tersebut dapat dialokasikan untuk menyiapkan rumah sakit darurat seperti melengkapi kebutuhan alat kesehatan.

"Kita ajak Bupati dan Wali Kota untuk mempercepat belanja daerah, khususnya untuk memenuhi alat kesehatan dsn persiapan rumah sakit darurat," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)