Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Dibuka, Erick Thohir Yakin Bisa Capai 5000 Orang Sehari

Sabtu, 26 Juni 2021 - 13:44 WIB
loading...
Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Dibuka, Erick Thohir Yakin Bisa Capai 5000 Orang Sehari
Menteri BUMN, Erick Thohir meresmikan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN untuk wilayah Sumatera Utara yang berpusat di Polonia, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/6) hari ini. Foto istimewa
A A A
MEDAN - Menteri BUMN , Erick Thohir meresmikan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN untuk wilayah Sumatera Utara yang berpusat di Polonia, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/6) hari ini.Erick Thohir yakin sentra vaksinasi ini bisa mencapai target 5000 orang divaksin setiap hari.

"Sentra vaksinasi di Medan ini ditargetkan 5.000 orang per hari. Saya yakin bisa dicapai karena semua orang dari berbagai kalangan bisa divaksin di sini demi mengejar percepatan. Semoga usaha ini mendapat kemudahan dari Yang Kuasa agar kita bsia melewati pandemi ini," beber Menteri Erick Thohir.

Berdasarkan data daricovid19.sumutprov.go.id/, status Kota Medan yang berpenduduk 2,43 juta orang atau 16,46 persen dari seluruh penduduk Sumatra Utara berada di zona merah dengan penambahan kasus di atas 30 orang setiap harinya.

Selain itu, cakupan prosentase jumlah warga Sumatera Utara yang sudah menjalani vaksinasi masih rendah. Secara nasional, cakupan vaksin pertama di Sumut berada di peringkat 20 nasional dengan 40,23 persen. Sedangkan untuk vaksin kedua baru 21,58 persen atau di posisi 23 nasional.

Merespons kondisi tersebut, Kementerian BUMN bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah, serta Indonesia Healthcare Corporation (IHC), Holding Rumah Sakit meresmikian sentra vaksinasi ke-7 di Kota Medan. Peresmian dihadiri Wakil Gubernur Sumetara Utara, Musa Rajekshah.

Pada kesempatan ini Erick Thohir meminta warga agar respon dan mau divaksin. "Saya mengingatkan pandemi ini belum berakhir. Saat ini status zona merah muncul di berbagai kabupaten dan juga ibukota provinsi. Meskipun upaya-upaya maksimal sudah dan terus dilakukan oleh pemerintah, namun harus mendapat dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat," kata Erick.

Untuk melayani sentra vaksinasi di lokasi eks bandara tersebut, Kementerian BUMN menerjunkan 250 tenaga kesehatan yang dikoordinir oleh RS Pertamina Pangkalan Berandan dan melibatkan pusat layanan kesehatan di kota Medan, seperti Puskesmas Glugur Darat, Tegal Sari, Tuntungan, Simalingkar, dan Terjun.

Hingga saat ini, enam Sentra Vaksinasi Bersama BUMN yang sudah dilakukan Kementerian BUMN di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Banyumas mampu memvaksin 1,6 juta orang.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3730 seconds (0.1#10.140)