KPU Gowa Bentuk 3 Desa/Kelurahan Peduli Pemilu

Kamis, 24 Juni 2021 - 14:06 WIB
loading...
KPU Gowa Bentuk 3 Desa/Kelurahan Peduli Pemilu
Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis bertemu dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Rabu (23/6). Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa akan membentuk 3 desa/kelurahan peduli pemilu.

Ketua KPU Gowa , Muhtar Muis mengatakan, pembentukan desa atau kelurahan peduli pemilu dan pemilihan ini untuk membantu dalam menyosialisasikan program KPU ke masyarakat.

Baca juga:Pesantren Wadizzuhur Dapat Bantuan Rp100 Juta dari Pemkab Gowa

"Dalam waktu dekat kita akan bentuk ini dan menunjuk tiga lokus yaitu Desa Borisallo Kecamatan Parangloe, Desa Biringala, Kecamatan Barombong dan Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu," ungkapnya, Rabu (23/6/2021).

Menurut Muhtar, tiga lokus ini dipilih karena merupakan representansi di masing-masing dataran, yakni dataran tinggi di Parangloe, dataran rendah di Barombong dan Somba Opu.

Baca juga:Bupati Gowa Harap CPNS Paham Arah Kebijakan Pembangunan Daerah

"Ada beberapa faktor dan pertimbangan pemilihan lokus seperti jumlah penduduk dan persentase pemilih yang masih rendah dan masyarakatnya belum sadar untuk berpartisipasi terhadap pemilihan," katanya.

Nantinya, pihak KPU akan mengkader warga setempat untuk menjadi perpanjangan tangan KPU dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat secara umum dan mendidik secara berkala. Mereka diharap menjadi agen KPU untuk menyampaikan pentingnya memilih dan demokrasi.

Baca juga:Izin Tambang di DAS Jeneberang Diminta Diverifikasi Ulang

Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan pun menyambut baik rencana KPU Gowa ini. Menurutnya pembentukan desa atau kelurahan peduli pemilu sangat baik dilakukan untuk memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya mengikuti pemilihan, apalagi nantinya akan ada pemilihan serentak.

"Kami pada prinsipnya setuju karena secara tidak langsung akan membantu Pemkab Gowa dalam mengedukasi pentingnya menggunakan hak pilih ketika ada pemilihan," akunya.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1642 seconds (10.177#12.26)