Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Kluster Minimarket di Sulut Menggila, Kasus COVID-19 Bertambah 39 Orang

loading...
Kluster Minimarket di Sulut Menggila, Kasus COVID-19 Bertambah 39 Orang
Satgas COVID-19 saat melakukan pemantauan di minimarket yang menjadi salah satu kluster baru di Kepulauan Sangihe, yang saat ini mencatat 39 kasus. Foto: Okezone/Subhan Sabu
MANADO - Sulawesi Utara (Sulut) hari ini mencatat penambahan kasus COVID-19 dari kluster minimarket Megaria di pusat Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe , menjadi 39 orang

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit ( P2P) Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan, penambahan kasus di daerah kepulauan mengindikasikan adanya transmisi/penjangkitan penyakit dapat terjadi secara diam-diam.

Baca juga: Rekor Baru, Dalam Sehari Vaksinasi di Manado Tembus 4 Ribu Orang

“Apabila sistem surveilans tidak bergerak cepat maka kemungkinan merebaknya kasus ke lokasi yang lebih terpencil lagi,” kata Dandel, Selasa (22/6/2021).

Pembelajaran dari kluster ini bagi kita semua kata Dandel adalah jangan lengah, protokol kesehatan sudah harus menjadi bagian dari gaya hidup walaupun kondisi kasusnya lagi melandai. “Karena tanpa kita sadari bisa saja sedang berlangsung penjangkitan di sekitar kita," ujar Dandel.

Baca juga: Sulut Makin Ketat, Berlakukan PPKM Mikro di Semua Desa yang Punya Kasus



Dengan bertambahnya kasus positif COVID-19 tersebut, maka akumulasi kasus terkonfirmasi positif di Sulut menjadi 15.990 Orang, sedangkan kasus aktif menjadi 227 orang. Untuk kasus sembuh sebanyak 15.211 Orang dan kasus meninggal 552 Orang.

"Angka Kesembuhan COVID-19 di Sulawesi Utara per 22 Juni 2021 adalah 95,12% dan Angka Kematian (Case Fatality Rate) sebesar 3,45%. Kasus aktif sebesar 1,43%," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, pada Sabtu (19/6/2021), Minimarket tersebut ditutup sementara setelah satu pegawainya terkonfirmasi terpapar COVID-19.
(nic)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top