Pemkab Klungkung Percepat Penyelesaian Vaksinasi Covid-19

Selasa, 22 Juni 2021 - 18:21 WIB
loading...
Pemkab Klungkung Percepat Penyelesaian Vaksinasi Covid-19
Untuk mempercepat penyelesaian vaksinasi Covid-19, selain mendatangi sasaran, Pemkab Klungkung akan menambah jam layanan vaksinasi di sore hari.
A A A
SEMARAPURA - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung untuk mempercepat penyelesaian vaksinasi Covid-19. Selain dengan langkah mendatangi sasaran, Pemkab akan menambah jam layanan vaksinasi di sore hari.

Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat memimpin rapat pembahasan pelaksanaan vaksinasi dan perkembangan Covid-19 di Kabupaten Klungkung, di Ruang Rapat Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung, Selasa (22/6/2021).

Hadir dalam rapat tersebut Forkopimda Kabupaten Klungkung, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Kepala OPD terkait serta para camat se-Kabupaten Klungkung.

Sejumlah pesan disampaikan Bupati Suwirta dalam arahannya, di antaranya untuk mempercepat penyelesaian vaksinasi selain pagi juga akan dilakukan pada sore hingga malam hari.
Pemkab Klungkung Percepat Penyelesaian Vaksinasi Covid-19

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi warga yang beraktivitas/memiliki kesibukan di pagi hari. Vaksinasi akan melibatkan tim kesehatan bersama petugas TNI/Polri. "Kemudian untuk validasi data jangan hanya menggunakan aplikasi saja, tetapi juga tetap dilakukan secara manual. Upaya ini kita lakukan agar masyarakat kita tidak ada yang tercecer," ujar Suwirta.

Dia meminta seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan jaga stamina dan semangat. Menurutnya, petugas harus berani bekerja dari pagi hingga malam hari agar pelaksanaan vaksinasi ini tetap berjalan maksimal.

Hal yang tidak kalah pentingnya, kata Suwirta, dalam hal menggunakan anggaran apa pun bentuknya, baik itu untuk menangani Covid-19 maupun bentuk anggaran lainnya harus dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Untuk penduduk pendatang juga diantisipasi dengan baik, suruh mereka menunjukkan data vaksinasi/test rapid terakhir. Kemudian tidak kalah pentingnya, penerapan protokol kesehatan harus dijaga dengan baik mengingat belakangan ini banyak masyarakat yang sedang menggelar upacara ngaben massal," tuturnya.

Orang nomor wahid di Klungkung ini menekankan petugas untuk tetap semangat dan jangan terpaku pada data vaksinnya rendah, tetapi tetap semangat untuk menuntaskan penyelesaian vaksinasi agar masyarakat terhindar dari Covid-19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menyebutkan bahwa jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Klungkung sampai 21 Juni 2021 sebanyak 63,15 persen dari jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 151.036 orang.
Pemkab Klungkung Percepat Penyelesaian Vaksinasi Covid-19

"Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 95.382 orang atau 63,15 persen . Sedangkan cakupan vaksinasi dosis kedua sebanyak 28.145 orang atau 18,63 persen," ujarnya.

Terdapat enam desa yang cakupan vaksinasinya di atas 90 persen, yaitu Desa Timuhun, Gelgel, Kutampi, Jungut Batu, Lembongan dan Semarapura Kaja. Sedangkan ada 15 desa yang cakupan vaksinasinya dibawah 50 persen ada di Kecamatan Banjarangkan, di antaranya Desa Bumbungan, Tusan dan Tihingan.

Untuk di Kecamatan Klungkung ada enam desa, yaitu Kelurahan Semarapura Kangin, Sp Tengah, Sp Kelod, Sp Kelod Kangin, Desa Tangkas dan Tegak. Untuk di Kecamatan Dawan terdapat sebuah desa, yaitu Desa Paksebali serta Kecamatan Nusa Penida terdapat lima desa, yaitu Desa Batu Kandik, Bungamekar, Tanglad, Kutampi Kaler dan Suana.

Usai memimpin rapat, Bupati Suwirta melanjutkan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Dusun Penasan Kecamatan Banjarangkan dan Banjar Sangging, Desa Kemasan. Sementara di tempat terpisah Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta juga meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Desa Bungbungan Banjarangkan. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3106 seconds (0.1#10.140)