Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Gawat, RS di Jabar Kewalahan Tangani Pasien COVID-19, Rekrut Ratusan Relawan

loading...
Gawat, RS di Jabar Kewalahan Tangani Pasien COVID-19, Rekrut Ratusan Relawan
Ratusan relawan medis COVID-19 bakal direkrut Pemprov Jabar untuk menambah petugas di rumah sakit yang kini kewalahan dengan lonjakan kasus. Foto/Ist
BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jabar membuka rekrutmen Tim Relawan Medis Penanganan COVID-19 guna memperkuat sumber daya manusia (SDM) kesehatan di rumah sakit yang kini mulai kewalahan. Hal itu karena terjadinya lonjakan kasus COVID-19.

Baca juga: Selain Sekda, Sejumlah Pejabat Teras Pemprov Jabar Terpapar COVID-19

Nantinya, relawan yang mendaftar akan ditempatkan di sejumlah rumah sakit pemerintah, khususnya di Bandung Raya. Rekrutmen juga dilakukan menyusul keputusan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Provinsi Jabar yang menetapkan Bandung Raya dalam status siaga 1 akibat lonjakan kasus luar biasa pascalibur Lebaran 2021.

Baca juga: Ucok Sebut Jejak Istrinya Ada di Magetan, Penemunya Bakal Dikasih Rp150 Juta

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jabar, Juanita Paticia Fatima mengatakan, pihaknya membutuhkan sedikitnya 400 relawan untuk diperbantukan.

"Kami membutuhkan lebih dari 400 relawan medis yang akan dialokasikan di berbagai rumah sakit di Jabar, khususnya di Bandung Raya," ujarnya, Sabtu (19/6/2021).



Posisi relawan yang dibutuhkan meliputi dokter, perawat, nutrisionis, apoteker, tenaga teknis kefarmasian, ahli teknologi laboratorium medik, ahli rekam medis, sanitarian, nutrisionis, serta radiografer.

"Rekrutmen relawan medis perlu dilakukan menyusul peningkatan kasus dan keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) se-Bandung Raya," kata Juanita.

Cara mendaftar menjadi relawan kini lebih praktis. Bekerja sama dengan Jabar Digital Service, masyarakat dapat mendaftarkan diri lewat Fitur Daftar Relawan yang ada di aplikasi Pikobar.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top