Pemkab Morowali Utara dan BP2MI Fasilitasi Warga Kerja di Luar Negeri

Jum'at, 18 Juni 2021 - 18:56 WIB
loading...
Pemkab Morowali Utara dan BP2MI Fasilitasi Warga Kerja di Luar Negeri
Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Peluang masyarakat Kabupaten Morowali Utara untuk menjadi pekerja di luar negeri semakin terbuka. Pemkab Morowali Utara siap memfasilitasi warganya yang akan berangkat ke sejumlah negara untuk menjadi pekerja migran.

Sejumlah persiapan kini dilakukan. Salah satu langkah Pemkab Morowali Utara yakni menjalin kerja sama dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Kedua pihak melakukan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) di Kantor BP2MI di Jakarta, Jumat (18/6/2021). MoU tersebut ditandatangani Kepala BP2MI Benny Rhamdani dan Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi.

Baca Juga: Pemkab Morowali Utara
"Kami menyambut baik kedatangan Bupati Morowali Utara untuk penandatanganan MoU ini. Artinya, hari ini tepat 11 Kabupaten yang telah bersepakat dengan BP2MI untuk bekerja sama melindungi para pahlawan devisa negara kita," ujar Benny.

Upaya Pemkab Morowali Utara memfasilitasi persiapan pekerja migran bertujuan merespons permintaan di pasar tenaga kerja khususnya Jepang. Saat ini Jepang tengah membutuhkan pekerja seperti perawat.

Baca Juga: Bupati Morowali Utara
"Setelah mereka diberikan bekal lewat pelatihan, kita harapkan mereka segara diserap di pasar tenaga kerja luar negeri," tandas mantan Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini.

Dalam rangka peningkatan kapasitas calon pekerja migran yang sebagian anak muda, akan dilakukan pelatihan secara daring. Para calom pekerja migran rencananya akan disalurkan ke sejumlah perusahaan sebagai upaya menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

, selain menyediakan anggaran dan pelatihan, juga menyediakan sarana dan prasarana bagi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, memberikan pelindungan kepada pekerja migran bersama BP2MI, dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Morowali Utara terkait peluang kerja ke luar negeri.

Selain itu juga mengoordinasikan setiap perkembangan dan kendala dalam proses penyiapan calon pekerja migran dan melakukan pemantauan, evaluasi, dan membuat laporan dari setiap proses kegiatan penyiapan calon pekerja migran.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2361 seconds (0.1#10.140)