Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Beredar Surat Laporan Intelijen soal Penyusupan Pratu Lucky Matuan ke TPNPB OPM Lekagak Telenggen

loading...
Beredar Surat Laporan Intelijen soal Penyusupan Pratu Lucky Matuan ke TPNPB OPM Lekagak Telenggen
Beredar sepenggal Surat Laporan Intelijen soal penyusupan Pratu Lucky Y Matuan mantan anggota Yonif 410/Alugoro ke TPNPB OPM. Foto Pratu Lucky Y Matuan/Ist
INTAN JAYA - Beredar sepenggal Surat Laporan Intelijen soal penyusupan Pratu Lucky Matuan mantan anggota Yonif 410/Alugoro ke Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) . Dalam surat berkop Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) Markas Pusat Intelijen Angkatan Darat No R/LI/V/3.3.1/SRV/Pusintelad disebutkan bahwa Pratu Lucky Y Matuan telah berhasil melakukan penyusupan ke TPNPB OPM pimpinan Lekagak Telenggen mulai bulan Februari 2021.

Dari hasil penyusupan tersebut disebutkan bahwa Pratu Lucky Y Matuan mendapatkan informasi kekuatan TPNPB OPM pimpinan Lekagak Telenggen di wilayah Puncak Jaya berjumlah 42 orang dengan senjata 14 pucuk.

Baca : Berkhianat! Mantan Prajurit Raider Membelot Bergabung Jadi Komandan Lapangan OPM

Dalam surat tersebut juga disebutkan hasil pergerakan TPNPB OPM dan markas persembunyiannya.

Namun surat keabsahan laporan intelijen dari Markas Pusat Intelijen Angkatan Darat tersebut dibantah oleh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria. "Terkait informasi di atas dapat disampaikan bahwa hal tersebut adalah Hoaks," kata Letkol Arm Reza Nur Patria dalam pesan WhatsApp kepada SINDOnews, Minggu sore (13/6/2021).

Sebelumnya pada pertengahan April 2021 Pratu Lucky Y Matuan alias Lukius mantan anggota Yonif 410/Alugoro berkhianat membelot dan bergabung ke dalam TPNPB OPM. Usai membelot Lucky pun dimasukan ke dalam daftar personel TPNPB OPM wilayah Intan Jaya bahkan didaulat menjadi salah satu komandan lapangan OPM di wilayah tersebut.



Berdasarkan informasi yang diterima SINDOnews, Pratu Lucky Y Matuan berstatus lajang dan asli Papua. Saat di Organik Yonif 410, Lucky Y Matuan tinggal di asrama.

Pratu Lucky Y Matuan saat bertugas di Papua dimasukan ke dalam organik Yonif Raider 400/Banteng Raiders sebagai prajurit atau pasukan bantuan dari Yonif 410/Alugoro.

Yonif Raider 400/Banteng Raiders dan Yonif 410/Alugoro adalah dua Batalyon Infanteri di bawah Komando Kodam IV/Diponegoro. Kebetulan Yonif Raider 400/Banteng Raiders merupakan pasukan pemukul Kodam IV/Diponegoro ditugaskan untuk menjaga daerah rawan di Papua.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top