Pemkab Sumedang bersama Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerja Sama Produk Pangan

Jum'at, 11 Juni 2021 - 18:03 WIB
loading...
Pemkab Sumedang bersama Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerja Sama Produk Pangan
Pemkab Sumedang bersama Pemprov DKI Jakarta menjalin kerja sama pembangunan antardaerah di sektor ekonomi berupa pemasaran produk kebutuhan pangan.
A A A
SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalin kerja sama pembangunan antardaerah di sektor ekonomi berupa pemasaran produk kebutuhan pangan.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Sistem Resi Gudang (SRG) PT. Kampung Makmur Desa Tolengas Kecamatan Tomo, Jum’at (11/6/2021).

Perjanjian kerja sama ditandatangani pula oleh BUMD dari kedua belah pihak, yakni PT. Food Station Tjipinang dan Perumda Pasar Jaya, DKI Jakarta dengan PT. Kampung Makmur Kabupaten Sumedang.

Kerja sama terbagi dalam dua bentuk, yakni kolaborasi pengembangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta pemasaran produk daerah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perdagangan produk pangan.

Wujud konkrit hasil perjanjian kerja sama tersebut Kabupaten Sumedang diawali dengan distribusi perdana beras kemasan 50 kilogram sebanyak 30 ton dan berbagai produk UMKM dari Sumedang ke DKI Jakarta di hari yang sama.
Pemkab Sumedang bersama Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerja Sama Produk Pangan

Bupati Sumedang bersyukur bisa memulai kerja sama pemasaran dan penyerapan produk Sumedang kepada BUMD yang ada di Jakarta. Ia meyakini dengan terbangunnya kerja sama antara DKI Jakarta dengan Sumedang akan menguntungkan kedua belah pihak.

"Ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Satu sisi hasil panen dan produk UMKM Sumedang pasarnya jelas, off taker-nya ada di Jakarta. Di sisi lain, Pemprov Jakarta bisa memastikan ketersediaan stok pangan di wilayahnya," katanya.

Bupati Dony mengharapkan kerja sama tersebut bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumedang dan bisa terus berlanjut dan dikembangkan lebih luas lagi menyasar sektor-sektor lain.

"Di samping bidang pertanian dan UMKM, ke depan cakupannya bisa lebih luas lagi, bisa berupa produk holtikultura, investasi maupun pariwisata," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan mengatakan bahwa kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkab Sumedang yang sudah dimulai pada hari itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat di Jakarta.

Jika kebutuhan masyarakat di Jakarta pasokannya aman, kata Anies, maka akan berimbas pada kestabilan harga pasar sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat di Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)