TNI Sukses Gelar Program 3T di Wilayah Terisolir Bengkulu Utara

Kamis, 10 Juni 2021 - 10:17 WIB
loading...
TNI Sukses Gelar Program 3T di Wilayah Terisolir Bengkulu Utara
Dandim 0423 Letkol Agung P Saksono didampingi Kepala Dinas Pendidikan Agus Hariyanto dan Kades Lebong Tandai Supriyadi B memantau rehab gedung SD 61. Foto SINDOnews
A A A
BENGKULU - Tentara Nasional Indonesia (TNI) sukses menggelar program peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah terpencil, terluar, terisolir dan kumuh perkotaan (3T). Mengerahkan ratusan prajurit, program ini menitikberatkan pada wilayah terisolir Desa Lebong Tandai, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Rabu (9/6/2021).

Karya Bhakti Satkowil Komando Distrik Militer 0423 Bengkulu utara ini fokus pada peningkatan fasilitas umum dan pemberdayaan masyarakat. Dalam meningkatkan fasilitas pendidikan, prajurit dibantu Pemerintah Desa setempat melakukan rehab ruang belajar mengajar Sekolah Dasar 61 dan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bhakti Ananda. Perbaikam yang dilakukan berupa pengecatan, rehab plapon, perbaikan list plank dan pagar.

Sementara pada sisi pemberdayaan masyarakat, selain penyuluhan kesehatan, jajaran Kodim 0423 lakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

"Ada fisik dan non fisik, hari ini kita pastikan selesai seratus persen. Lebong Tandai dipilih menjadi sasaran program 3T ini melihat letak geografis dan kondisi desa yang berada di pedalaman Bengkulu Utara," kata Dandim 0423 Bengkulu Utara, Letkol Inf Agung P Saksono.

Guna menyukseskan acara, sejumlah instansi terkait ikut andil dalam program peningkatan kesejahteraan masyarakat ini. Selain Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan baik Provinsi Bengkulu dan Bengkulu Utara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Palang Merah Indonesia turut serta dalam aksi bhakti sosial ini.

Kegiatan sosial berupa donor darah digelar oleh Palang Merah Indonesia. Dinas Kesehatan baik provinsi dan kabupaten menyediakan pengobatan gratis, sunatan masal, vaksin dan imunisasi anak-anak.

Petugas yang tergabung dalam aksi ini juga melakukan pengambilan sampel air kebutuhan masyarakat, mendata penderita TBC, pendataan peserta BPJS serta mendata ketersediaan MCK warga Desa Lebong Tandai.

Tak mudah mencapai Desa Lebong Tandai, berada di belantara bukit barisan Sumatera, akses jalan menuju wilayah yang sempat menjadi lumbung emas zaman penjajahan ini baru dibuka oleh TNI dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa yang digeber Tahun lalu.

Melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bengkulu Utara, akses kembali diperbaiki untuk mempermudah seluruh relawan yang ikut andil dalam kegiatan TNI bertajuk "Pengabdian untuk Negeri".

"Meski ditengah pandemi, program berjalan baik. Terima Kasih atas semua bantuan seluruh pihak, semoga program ini bermanfaat bagi masyarakat Desa Lebong Tandai," imbuh Agung.

Program 3T yang dilakukan Tentara Nasional Indonesia di wilayah Desa Lebong Tandai mendapat apresiasi positif dari masyarakat setempat. Sejumlah akses dan sarana infrastruktur penunjang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga.

"Dua Tahun berturut-turut, setelah program pembukaan badan jalan hari ini program 3T. Ini sangat membantu warga, tahun-tahun sebelumnya kami jalani dengan keterbatasan dan keterisoliran," Kepala Desa Lebong Tandai, Supriyadi B.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)