Kisah Heroik Polisi Raja Ampat, Rela Arungi Lautan untuk Kembangkan Taman Baca Anak-anak

Rabu, 09 Juni 2021 - 05:37 WIB
loading...
Kisah Heroik Polisi Raja Ampat, Rela Arungi Lautan untuk Kembangkan Taman Baca Anak-anak
Bripka Manase Patti Peme
A A A
RAJA AMPAT - Aksi seorang polisi di Raja Ampat patut menjadi inspirasi. Dia mengelola dan mengembangkan taman baca di Kampung Arborek, Kabupaten Raja Ampat. Polisi heroik itu adalah Bripka Manase Patti Peme, anggota Bhabinkamtibmas.

Dengan menggunakan perahu motor tempel sederhana, Manase setiap hari berusaha menjemput anak-anak usia sekolah dasar di kampungnya untuk belajar bersama di taman baca.

Kehadiran taman baca Kemala yang sudah enam tahun ini cukup membantu anak-anak di Kampung Kampung Arborek untuk memberikan tambahan ilmu dan membangkitkan budaya literasi sejak dini.

Baca juga: Kamera Pengintai Tangkap Sosok Makhluk Misterius yang Gemparkan Warga Agam

Meski anak-anak ini berada di pulau yang jauh dari hiruk pikuk kemajuan pendidikan, namun kehadiran taman baca ini membawa misi yang mulia.

Perjuangan Bripka Manase yang putra asli Papua dilakukan sejak 2,5 tahun sejak dia menjadi Bhabinkamtibmas di sana. Program literasi ini menjadi program andalan dalam bertugas di Kampung Arborek.

Dia cukup totalitas dalam menjalankan programnya. Cuaca lautan yang kadang tak bersahabat tidak menyurutkannya setiap hari berangkat dari rumahnya yang berjarak 30 menit mengarungi lautan.

Rasa lelah dan risiko di lautan seolah tidak menjadi penghambat. Bahkan, rasa lelah itu langsung terbayarkan jika dia tiba di taman baca anak-anak ini. Anak-anak telah menyambutnya dengan penuh semangat belajar. Ada yang membaca buku, mewarnai dan membaca.

Baca juga: Truk Pengangkut Sawit Terguling di Jalur Trans Mamuju Tengah

"Yang penting dilakukan dengan ikhlas dan desikasi yang tinggi. Rasa lelah itu terbayarkan saat melihat anak-anak semangat belajar," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2961 seconds (0.1#10.140)