Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Pulang Paksa dari Rumah Sakit, Pasien COVID-19 Meninggal di Jalan

loading...
Pulang Paksa dari Rumah Sakit, Pasien COVID-19 Meninggal di Jalan
Petugas Satgas COVID-19 saat akan melakukan prosesi pemakaman terhadap pasien COVID-19 yang meninggal usai memaksa pulang dari rumah sakit, Selasa (8/6/2021). Foto: Okezone/Taufik Budi
DEMAK - Seorang pasien COVID-19 meninggal dunia setelah memaksa pulang dari rumah sakit di Demak , Jawa Tengah ( Jateng ). Korban sempat menjalani perawatan intensif selama sepekan setelah dinyatakan positif COVID-19 .

Korban berinisial Bs (57) warga Desa Sari, Kecamatan Gajah, Demak. Dia dilarikan ke rumah sakit pada Selasa (1/6/2021) karena menderita batuk, pilek dan panas. Setelah dilakukan swab pertama dan kedua, dia terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: 34 Warganya Positif COVID-19, 1 Kampung di Pemalang Diisolasi Total

Setelah menjalani perawatan, mendadak Bs meminta pulang paksa dari rumah sakit pada Selasa (7/6/2021) pukul 17.30 WIB. Meski mulanya pihak rumah sakit melarang, akhirnya pasien diperbolehkan pulang ke rumah. Nahas, di tengah perjalanan, pasien meninggal dunia sekira pukul 18.30 WIB.



Pihak keluarga pun menghubungi bidan desa setempat, dan melapor ke Kepala Puskesmas Gajah 1. Setelah pihak Puskesmas melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, jenazah korban dimakamkan secara protokol kesehatan di TPU Desa Sari, Kecamatan Gajah, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Bubarkan Kerumunan di Masjid Agung Demak, Petugas TNI Terpaksa Panjat Pagar

Kepala Desa Sari, Kasmadi, meminta warga yang sakit dan dirawat di rumah sakit, klinik, puskesmas atau fasilitas kesehatan lain tidak memaksakan diri pulang. Selain itu, tetap mengikuti prosedur kesehatan, sampai ada pernyataan dari pihak rumah sakit untuk diperbolehkan kembali ke rumah.

“Apalagi statusnya pasien COVID-19. Harus tetap mengikuti prosedur dan aturan dari pihak rumah sakit. Semoga almarhum diberikan tempat yang layak dan diampuni segala dosanya, dan keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran,” ujarnya di sela-sela pemakaman.

Baca juga: Sok Jagoan, Pria Gondrong Ini Acungkan Golok ke Polisi, Akhirnya Tak Berkutik

Dia juga meminta keluarga melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari. Nanti petugas Puskesmas akan melakukan swab kepada pihak keluarga dan yang pernah kontak erat dengan almarhum. Prosesi pemakaman mendapat pengawalan ketat personel TNI Koramil 07/Gajah Kodim 0716/Demak dan Polsek Gajah.



“Kami imbau seluruh warga selalu protokol kesehatan. Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari kerumunan, mengurangi keluar rumah dan menjaga selalu kesehatan tubuh dengan rajin olahraga, konsumsi vitamin dan makanan bergizi serta istirahat teratur. Jika semua warga patuh, saya yakin pandemi ini segera berakhir,” kata Sertu Jumah Rosidin, personel Koramil 07/Gajah.
(nic)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top