Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Danpussenkav Kodiklatad Resmikan Anggatra Turangga Equestrian di Padalarang

loading...
Danpussenkav Kodiklatad Resmikan Anggatra Turangga Equestrian di Padalarang
Fasilitas latihan berkuda Anggatra Turangga Equestrian di Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad Padalarang yang diresmikan Sabtu (5/6/2021). Foto/MPI/Adi Haryanto
BANDUNG BARAT - Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jabar kini memiliki tambahan sarana latihan berkuda yang representatif dan memadai. Hal itu seiring dengan diresmikannya Anggatra Turangga Equestrian oleh Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklatad, Mayjen TNI Wawan Ruswandi, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: Ini Jajaran Kendaraan Tempur Andalan Kavaleri di Indonesia

Peresmian ini dihadiri pula oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI, Nugroho Budi Wiryanto, Komandan Pusdikkav, Brigjen TNI Taufik Budi Santoso serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Baca juga: Misteri Situs Gunung Padang Terkuak, Diduga Tempat Upacara Ritual Abad 2 SM



Wawan Ruswandi mengatakan, kehadiran Anggatra Turangga Equestrian semakin menambah kelengkapan fasilitas berlatih bagi prajurit.

Kendati begitu, fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengingat selain kuda militer pihaknya juga memiliki kuda non-militer yang bisa dipergunakan.

"Anggatra Turangga Equestrian adalah aset Kodam III Siliwangi juga, makanya kami siap mendukung dan fasilitas ini bisa dimanfaatkan prajurit Kodam III Siliwangi untuk berlatih," ucap Wawan dalam sambutannya.

Sementara Taufik Budi Santoso menambahkan, awalnya area yang dijadikan fasilitas latihan berkuda itu adalah semak belukar. Namun kemudian ditata dan menjadi fasilitas latihan yang representatif karena suasananya yang nyaman.

"Kami ingin kehadiran Anggatra Turangga Equestrian ini bukan hanya untuk prajurit saja, tapi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan latihan atlet juga. Sesuai konsep sport tourism yang digagas Bupati Bandung Barat," ujarnya.

Ada dua fasilitas latihan berkuda yang dibangun dengan ukuran luas 40x60 meter sesuai dengan standar Pordasi. Di dalam kawasan seluas 105 hektare ini juga ada fasilitas lain, seperti menembak, panahan, off road, yang juga bisa dipergunakan.



"Di sini suasananya enak, anak-anak dapat berlatih dan orang tua bisa menunggu dengan nyaman. Saya yakin dengan latihan dan pembinaan serius dari tempat ini ke depannya bisa lahir atlet-atlet berprestasi," jelasnya.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top