Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Tracing Covid-19, Wali Kota Bobby Nasution Tinjau Swab Antigen Warga

loading...
Tracing Covid-19, Wali Kota Bobby Nasution Tinjau Swab Antigen Warga
Setelah enam hari melakukan isolasi lingkungan, Wali Kota Medan Bobby Nasution menginstruksikan OPD terkait untuk melakukan tracing atau pelacakan kontak Covid-19.
MEDAN - Setelah enam hari melakukan isolasi lingkungan, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menginstruksikan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait untuk melakukan tracing atau pelacakan kontak Covid-19.

Selain keluarga dan lingkungan kerja warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, tracing juga dilakukan terhadap warga sekitar lingkungan. Tracing pertama diprioritaskan bagi warga Lingkungan VII, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Tercatat, sebanyak 150 warga yang ditracing.

Tracing selanjutnya dilanjutkan dengan swab antigen kerja sama Pemerintah Kota (Pemko) Medan dengan Rumah Sakit (RS) Royal Prima. Swab antigen dilakukan di Jalan Eka Rasmi, persisnya depan jalan masuk menuju Lingkungan VII dan warga yang berdampingan dengan Lingkungan VII.

“Tidak hanya lingkungan yang terpapar Covid-19 kita tracing dan swab antigen, ada tiga lingkungan yang berdampingan dengan lingkungan yang diisolasi. Hasilnya, satu warga ditemukan reaktif dan sudah kita sarankan untuk isolasi di rumah,” kata Bobby.



Selain itu, Wali Kota meminta pihak Puskesmas untuk melakukan tracing terhadap anggota keluarga yang bersangkutan. “Kita saat ini menunggu hasil dari tracing yang dilakukan. Sedangkan warga yang reaktif tadi telah kita lakukan PCR. Mudah-mudahan besok hasilnya sudah keluar. Apabila hasilnya positif, jika bergejala maka akan dirawat di rumah sakit. Tapi sampai saat ini, kita lihat warga yang reaktif itu tidak bergejala,“ tuturnya.

Bila warga yang reaktif tidak diikuti gejala, kata Bobby, maka isolasi mandiri dapat dilakukan di rumahnya. Pastikan dahulu rumahnya benar-benar layak untuk menjadi tempat isolasi mandiri.

Dalam peninjauan yang dilakukan sambung Bobby Nasution, dari 14 warga yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 dari lima rumah di Lingkungan VII, hari ini turun jadi lima orang warga lagi yang masih positif.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri, bila angka positif Covid-19 per rumah di bawah lima, maka isolasi lingkungan sudah dapat dibuka kembali.

“Kita akan tracing terus dan kita lihat sampai tanggal 4 nanti. Apabila angka positif sudah turun, barulah isolasi lingkungan kita buka. Perhari ini, berdasarkan hasil tracing dan swab antigen yang kita lakukan, jumlah warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya 14 orang, kini tinggal 5 orang di empat rumah. Secara rumah, pengurangannya memang baru dua, sedangkan secara jiwa, cukup banyak dari 14 kini tinggal 5,” tuturnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top