Lolos Seleksi Internal, Mahasiswa UNM Ini Siap Hadapi Kompetisi Gemastik

Selasa, 25 Mei 2021 - 14:13 WIB
loading...
Lolos Seleksi Internal, Mahasiswa UNM Ini Siap Hadapi Kompetisi Gemastik
Kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM). Foto istimewa
A A A
BEKASI - Ravi Zulfikar, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi Informatika, Kampus Kramat 18, siap mengikuti kompetisi Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi ( Gemastik ) 2021 tingkat nasional.

Ravi Zulfikar dinyatakan berhak maju setelah lolos seleksi internal bertajuk ‘New Innovations in New Normal’ yang dilakukan oleh Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) pada Agustus 2020 lalu. Dia bersama dua temannya akan maju dalam kompetisi Gemastik tingkat Nasional tahun 2021.

Ravi mengungkapkan bahwa ia sangat senang dan bangga bisa lolos seleksi internal untuk kompetisi Gemastik ini. Inovasi yang diajukan nanti saat Gemastik Nasional yakni Sistem Monitoring Suhu Ruangan menggunakan Raspberry dan Sensor Suhu yang nanti datanya akan bisa dilihat melalui web atau mobile apps.

“Saya awalnya memperoleh informasi kompetisi Gemastik ini dari kaprodi kemudian saya mulai tertarik, saya lihat di Sosial Media NIC @inovasinusamandiri, dari situ saya pelajari dan upload syarat-syarat dan kategori lombanya. Kemudian saya isi form yang disediakan oleh panitia, awalnya karena coba-coba, tapi akhirnya bisa lolos,” katan Ravi, Selasa (25/5/2021).

Sekadar informasi, Gemastik diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tahun 2021 ini memasuki pagelaran yang ke-14.

Ravi memotivasi teman-temen di Universitas Nusa Mandiri agar tidak menyerah sebelum maju, karena tidak akan pernah tahu lewat apa rezeki diturunkan. “Saya pilih kategori Smart Device, Embedded System & IOT waktu itu kebetulan sesuai dengan aplikasi yang saya punya. Saya akan melakukan persiapan semaksimal mungkin, untuk mengikuti kompetisi ini, dengan melakukan perbaikan dan maintenance aplikasi saya. Semoga tahun ini bisa maju dan memenangkan kompetisi Gemastik tingkat Nasional serta bisa membanggakan orang tua dan mengharumkan nama kampus Universitas Nusa Mandiri,” harapnya.

Siti Nurlela selaku ketua NIC menuturkan, mahasiwa yang mendaftar lomba Gemastik Internal ini sebanyak delapan kelompok dengan berbagai karya yang mereka ciptakan. "Bagus-bagus semuanya, namun di sini kita ambil tiga terbaik untuk dapat mewakili kampus Universitas Nusa Mandiri," kata Siti.

Proses penjurian dilakukan oleh tiga kaprodi di Universitas Nusa Mandiri serta satu orang praktisi perusahaan inovasi . “Untuk ketiga mahasiswa yang telah lolos, terkhusus untuk Ravi besar harapan kami segenap tim Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) dan civitas Universitas Nusa Mandiri (UNM) agar dapat mengikuti kompetisi Gemastik Nasional ini dengan seprofesional mungkin. Kami doakan semoga dapat memperoleh hasil terbaik dan bisa membawa kemenangan untuk Universitas Nusa Mandiri,” ujar Siti.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2620 seconds (0.1#10.140)