Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Razia Prokes di Kafe Pangkalpinang, 4 Pengunjung Positif COVID-19

loading...
Razia Prokes di Kafe Pangkalpinang, 4 Pengunjung Positif COVID-19
Petugas gabungan menggelar razia protokol kesehatan (prokes) di sejumlah kafe, di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (22/5/2021) malam. iNews TV/Haryanto
PANGKALPINANG - Petugas gabungan menggelar razia protokol kesehatan (prokes) di sejumlah kafe, di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (22/5/2021) malam. Empat orang positif COVID-19, setelah lebih dari 400 pengunjung kafe menjalani swab antigen.

Sekretaris Satgas COVID-19 Pangkalpinang, Radmida Dawam, mengatakan giat gabungan tersebut dilakukan guna mencegah klaster baru penularan dan penyebaran COVID-19 di Pangkalpinang dan Babel pada umumnya.

"Kami melakukan razia kepatuhan prokes di Kota Pangkalpinang ini dan melakukan swab antigen kepada pengunjung termasuk para karyawan kafe," kata Radmida.

Menurutnya, dari empat kafe yang disasar banyak ditemukan pengunjung tidak patuh prokes seperti duduk berdekatan tanpa jarak dan tidak menggunakan masker. "Memang di kafe-kafe yang kami razia banyak yang tidak patuh prokes. Duduk sudah tidak ada jarak lagi," ujarnya.

Dalam pengambilan sampel swab antigen yang baru kelar hingga lewat tengah malam itu, petugas mengumpulkan 400 lebih sampel antigen dengan hasil empat orang reaktif COVID-19.

"Tim satu melakukan swab antigen di dua titik dan tim dua melakukannya di dua titik. Dari empat titik itu kami temukan empat orang swab antigennya positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim. Baca: Pulang Berkebun, Warga Tangse Kritis Diinjak Gajah Liar.



Ia menuturkan, mereka yang swab antigennya positif langsung dilalukan swab PCR dan dikarantina. "Sesuai arahan mereka yang positif langsung kami karantina untuk tindakan lebih lanjut. Esok harinya kami akan ambil sampel swab PCR yang kedua. Atau kami kembalikan, karena yang positif ini ada yang berasal dari luar daerah Pangkalpinang. Nanti kami berkoodinasi dengan satgas COVID-19 di Wilayah untuk tindakan lebih lanjut," ujarnya. Baca Juga: Sulitnya Medan Geografis Tak Surutkan Satgas Nemangkawi Buru Kelompok Teroris di Papua.
(nag)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top