BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem, BPBD KBB Minta Warga Waspada

Jum'at, 21 Mei 2021 - 15:12 WIB
loading...
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem, BPBD KBB Minta Warga Waspada
Wilayah KBB menjadi daerah yang rawan akan terjadinya tanah longsor dan banjir bandang ketika cuaca ekstrem yakni hujan dengan intensitas tinggi turun terus menerus. Foto/Dok.M
A A A
BANDUNG BARAT - Beberapa daerah di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) termasuk kepada daerah yang masuk kategori waspada potensi dampak cuaca ekstrem seperti banjir hingga longsor .

Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bandung telah mengeluarkan informasi terkait potensi cuaca ekstrem yang bakal terjadi beberapa hari ke depan di wilayah Bandung Raya.

Menanggapi status waspada tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo mengatakan jika saat ini wilayah KBB masih dalam status siaga cuaca ekstrem. "Sampai akhir bulan Mei, kami masih menetapkan status siaga potensi cuaca ekstrem untuk wilayah Bandung Barat," ucapnya, Jumat (21/5/2021).

Dirinya mengakui jika beberapa wilayah di KBB memang masuk pada kategori waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, serta tanah longsor. Baik untuk wilayah utara, barat, dan selatan KBB yang memiliki kontur perbukitan.

Beberapa daerah tersebut di antaranya Lembang, Parongpong, Cisarua, Padalarang, Ngamprah, Batujajar, Cihampelas, Rongga, Gununghalu, Sindangkerta, serta Saguling. Oleh karenanya masyarakat di wilayah tersebut diminta untuk waspada.

"Ada juga potensi angin puting beliung. Biasanya di lokasi yang relatif datar seperti Padalarang, Batujajar, Saguling, Cipatat, Cikalongwetan, dan Cipeundeuy," sebutnya. Baca juga: BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Terjadi Hingga 20 Mei

Pihaknya meminta masyarakat tetap waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem beberapa hari ke depan. "Jika memungkinkan bisa juga mengakses perkembangan cuaca yang disampaikan BMKG , karena itu sangat membantu mitigasi potensi cuaca ekstrem," kata dia.

adi haryanto

Foto : Wilayah KBB menjadi daerah yang rawan akan terjadinya tanah longsor dan banjir bandang ketika cuaca ekstrem yakni hujan dengan intensitas tinggi turun terus menerus. Foto/Dok.M
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)