Kakorlantas Dampingi Asops Pantau Arus Balik dari Sumatera, Pemudik Diminta Punya Bukti Bebas COVID-19

Rabu, 19 Mei 2021 - 21:17 WIB
loading...
Kakorlantas Dampingi Asops Pantau Arus Balik dari Sumatera, Pemudik Diminta Punya Bukti Bebas COVID-19
Kakorlantas Irjen Istiono bersama Asisten Operasional Kapolri, Irjen Imam Sugianto dan Kepala Bagian Operasional Korlantas Kombes Rudy Antariksawan mengecek arus balik mudik di Pelabuhan Bakauheni. Foto: Istimewa
A A A
BAKAUHENI - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Istiono bersama Asisten Operasional Kapolri, Irjen Imam Sugianto dan Kepala Bagian Operasional Korlantas Kombes Rudy Antariksawan melakukan pengecekan arus balik mudik di Pelabuhan Bakauheni.

Imam menjelaskan, pemantauan dari tujuh titik lokasi penyeketan terdapat 5.200 pemudik yang hendak kembali dari kampung halamannya. Para pemudik tersebut harus memiliki bukti bebas COVID-19 sebelum menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.



"Harapan kita mudah-mudahan masyarakat dari Sumut, Sumbar, Bengkulu, Riau dan Lampung yang menyeberang mengurus syarat, sehingga menyeberang ke Pulau Jawa sudah yakin bebas COVID-19 ,” kata Imam dalam keterangan resminya, Rabu (19/5/2021).

Menurut Imam, saat dilakukan tes antigen secara acak, ditemukan 67 orang yang reaktif Covid-19. Dia pun berharap hingga puncak arus balik akhir pekan ini jumlah pemudik yang reaktif COVID-19 semakin berkurang.



Dia mengungkapkan, untuk kondisi di jalur darat Tol Trans Sumatera memang masih terbilang ramai hingga H+6 lebaran. Personil Polda Lampung pun memprediksi masih akan ada ribuan pemudik yang akan menyeberang di Pelabuhan Bakauheni.

"Jadi kita pecah konsentrasi di wilayah Lampung, di titik-titik yang tadi kita pantau ada 300 orang kita layani dulu. Kemudian kalau sudah selesai di sana kita alirkan," ujarnya.



Imam bersama Kakorlantas dan Kabag Ops juga mengecek posko random cek antigen yang ada di Pelabuhan Bakauheni. Posko ini disiapkan guna mengecek setiap orang yang hendak menyeberang ke Merak.

Untuk diketahui, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, sekitar 400.000 pemudik sudah menyeberang di Pelabuhan Bakauheni. Polri memang memprediksi akan terjadi puncak arus balik kedua pada 21 dan 22 Mei 2021.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)