Gajian Masih Lama, Ini 5 Langkah Mengatur Keuangan Usai Lebaran

Rabu, 19 Mei 2021 - 05:13 WIB
loading...
Gajian Masih Lama, Ini 5 Langkah Mengatur Keuangan Usai Lebaran
Warga menunjukkan uang kertas baru jelang lebaran. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Setelah lebaran biasanya berdampak pada keuangan seseorang lantaran habis untuk kebutuhan l ebaran . Dosen Akuntansi Unusa, Dina Anggraeni Susesti, memiliki tips lima langkah mengatur keuangan usai lebaran.

Dina menjelaskan, momen lebaran menjadi langkah bersilaturahmi dengan saudara yang membutuhkan banyak biaya untuk menjamunya. Lima cara ini menjadi salah satu langkah untuk mengolah keuangan."Jadi ini mengolah uang yang ada karena memang gajian itu masih lama. Langkah ini mengolah keuangan yang ada," katanya, Rabu (19/5).

Lima tips mengolah keuangan , menurut Dina, dimulai dari mengevaluasi pengeluaran selama lebaran. Yakni dengan mengatur kembali pos-pos yang dirasa kurang penting. "Jadi pengeluaran yang tidak penting ini sering kita lakukan bahkan saat sudah membeli barang yang tidak terlalu penting dan urgen," tuturnya.

Langkah kedua, prioritaskan pengeluaran yang berdasar kebutuhan utama untuk keinginan atau kebutuhan tersier disingkirkan terlebih dahulu. Langkah ketiga, membayar utang atau kewajiban dimana seseorang cenderung lebih menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.

"Sehingga tagihan kartu kredit lebih didulukan untuk membayar, jika tidak ada full payment alangkah baiknya membayar dengan minim payment untuk sementara waktu sampai kebutuhan lainnya dapat tercukupi. Cara seperti itu dapat membantu pemulihan kondisi financial pasca lebaran," ucap Dina.

Kemudian langkah keempat yaitu menjadi smart buyer. Sehingga bisa membatasi belanjaan harian dengan membuat rincian daftar belanja. Langkah kelima, jika sudah terinci berdasar kebutuhan. "Dari sini, kita bisa mulai menabung kembali sehingga perekonomian keluarga bisa mencukupi selama menunggu gajian," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)