Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Pemkot Cimahi Tambah PJG dan PJL Baru di 544 Titik

loading...
Pemkot Cimahi Tambah PJG dan PJL Baru di 544 Titik
Foto/ilustrasi SINDOnews
CIMAHI - Keberadaan lampu penerangan jalan umum di Kota Cimahi hingga saat ini masih belum ideal. Masih ada beberapa spot lokasi yang belum terjamah dan minim penerangan di malam hari.

"Kalau bicara ideal tentu masih belum, karena ada beberapa wilayah yang belum tercover penerangan," kata Kepala Bidang Angkutan dan PJU, Dishub, Kota Cimahi, Sumanto, Selasa (18/5/2021). Baca juga: Puncak Taur Agung Kesanga di Pura Agung Wira Loka Natha Cimahi Berlangsung Khidmat

Berdasarkan data yang ada di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, jumlah penerangan di Cimahi ada sebanyak 16.497 titik yang tersebar di 15 kelurahan. Termasuk juga yang terpasang di pemukiman padat.

Rincian penerangan yang sudah terpasang di antaranya 3.480 titik Penerangan Jalan Umum (PJU), 4.221 Penerangan Jalan Lingkungan (PJL) dan 8.796 Penerangan Jalan Gang (PJG). Pihaknya tahu ini merencanakan bakal menambah titik penerangan baru. Khususnya penerangan jalan yang sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas hingga kriminalitas.



Namun, pemasangan hanya akan dilakukan untuk PJG yakni sebanyak 514 titik dan PJL sebanyak 31 titik. Pemasangan penerangan rencananya akan dilaksanakan pada Triwulan III tahun anggaran 2021. "Alokasi anggarannya baru untuk PJG dan PJL, itu pun baru akan direalisasikan pada Triwulan III," sebutnya. Baca juga: Kasus Suap Wali Kota Cimahi, KPK Panggil Dirut Hutama Karya Aspal Beton

Perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk penambahan PJG dan PJL itu lumayan besar. Sebab kebutuhan untuk setiap titik PJG saja diperkirakan mencapai Rp4 juta. Sementara untuk PJL diperkirakan mencapai Rp6,5 juta. "Lumayan mahal biayanya, makanya kita lakukan bertahap. Sebab, kami juga tetap harus melakukan perawatan apabila ada kerusakan atau lampu penerangan yang mati," pungkasnya.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top