Kelenteng Sam Poo Kong Semarang Dilanda Kebakaran

Senin, 17 Mei 2021 - 11:12 WIB
loading...
Kelenteng Sam Poo Kong Semarang Dilanda Kebakaran
Petugas berusaha memadamkan kebakaran di kompleks Kelenteng Sam Poo Kong di Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/5/2021) pagi. Foto/Antara
A A A
SEMARANG - Musibah kebakaran melanda kompleks Kelenteng Sam Poo Kong di Gedung Batu, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/5/2021) pagi. Kobaran api membuat tempat lilin yang berada di depan bangunan utama Sam Poo Kong ludes dilalap si jago merah.

Baca juga: Menelusuri Jejak Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong

Kebakaran tak sampai menjalar di sejumlah bangunan ibadah di Sam Poo Kong yang merupakan lokasi bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Tiongkok beragama Islam, Zheng He atau terkenal sebagai Laksamana Cheng Ho.

Baca juga: Gadis-gadis Cantik Aceh Berlukis Bendera Palestina di Wajah, Galang Dana di Pijay

Petugas pemadam kebakaran (damkar) tampak sigap memadamkan api yang membakar lilin berukuran besar. Sementara itu, munculnya kepulan asap hitam yang membumbung tinggi dari dalam kompleks kelenteng Sam Poo Kong sempat menarik perhatian sejumlah pengendara maupun warga yang melintas di kawasan tersebut.

Agus (46) warga yang tinggal di dekat Kelenteng Sam Po Kong mengaku melihat asap membumbung sekitar pukul 07.00 WIB. "Saya dan beberapa tetangga langsung mendatangi lokasi kebakaran, ternyata tempat yang biasanya untuk menyalakan lilin di kelenteng," ujarnya.

Sekitar satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian sehingga tidak sampai menjalar ke bangunan utama salah satu objek wisata di Kota Semarang itu.

Petugas Damkar Kota Semarang mengerahkan dua unit mobil pemadam untuk memadamkan kebakaran. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran bermula dari api lilin berukuran besar yang meleleh kemudian membakar bangunan semi permanen.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)