Pasien COVID-19 dan Nakes Ikuti Salat Idul Fitri 1442 H di RS Lapangan Indrapura Surabaya

Kamis, 13 Mei 2021 - 08:39 WIB
loading...
Pasien COVID-19 dan Nakes Ikuti Salat Idul Fitri 1442 H di RS Lapangan Indrapura Surabaya
Salat Idul Fitri 1442 H di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II Jl Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Puluhan pasien COVID-19 dan tenaga medis (nakes) mengikuti Salat Idul Fitri 1442 H di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II Jl Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021).

Penanggungjawab RSL Kogabwilhan II, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, mengatakan tujuan digelar Salat Idul Fitri di RS Lapangan ini sebagai upaya dukungan moril dan untuk mewadahi kebutuhan pasien, karena sebagian besar beragama Islam.

"Dengan demikian maka aspek psikososialnya bisa kita dapatkan. Sehingga semuanya bisa lebih enjoy, kita tidak menyelesaikan medisnya saja tapi masalah non medisnya juga kita dapatkan," katanya.

Nalendra berharap, digelarnya Salat Idul Fitri ini bisa mengobati kerinduan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang memang tujuan utama pulang ke Indonesia adalah untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Hingga saat ini RSDL merawat sekitar 66 orang pasien dan 30 orang diantaranya merupakan Pekerja Migran Indonesia.

Pantauan dilapangan, Salat Idul Fitri di RS Lapangan Indrapura berlangsung khidmat. Pelaksanaan salat dibagi me jadi dua zona. Tenaga medis berasa di zona Hijau (depan tenda A/ gerbang pemulangan) dan tersambung dengan zona Merah tepat pasien dirawat.

Usai Salat, beberapa pasien nampak meneteskan air mata saat berdoa bersama. Satu pasien terpaksa salat dengan mengenakan alat bantu pernafasan.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)