Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Antisipasi Kerumunan, Satgas COVID-19 Plototi Pusat Perbelanjaan di Kuningan

loading...
Antisipasi Kerumunan, Satgas COVID-19 Plototi Pusat Perbelanjaan di Kuningan
Satgas COVID-19 di Kuningan mulai mengawasi tempat-tempat keramaian seperti toko, swalayan dan tempat kuliner. Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Foto SINDOnews
KUNINGAN - Tim satuan tugas (Satgas) COVID-19 di Kuningan mulai mengawasi tempat-tempat keramaian seperti toko, swalayan dan tempat kuliner. Pengawasan yang melibatkan unsur TNI, Polri dan Satpol PP dan Dinas Perhubungan itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat Kuningan yang hendak berbelanja untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Besok kebetulan Satgas Kabupaten Kuningan bersama TNI-Polri, Dishub, Satpol PP akan ada pendampingan ke beberapa titik, pasar toko medern dan dalam rangka antisiapsi lonjakan animo masyarakat untuk berbelanja," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 , Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana ketika ditemui di Patung Tugu Ikan Sampora, Kecamatan Cilimus, Sabtu (8/5/2021) dini hari.

Monitoring itu akan dimulai dari pukul 10.00 pagi hingga malam hari terkait jam operasional dan pembatasan kapasitas setiap toko, swalayan dan tempat kuliner."Sifatnya kita tidak melarang, hanya mengatur, kita ada kelonggaran, bila ada masyarakat yang berduyun-duyun berberbelanja, maka kita hanya mengibau agar tetap menjalan prokes," kata Indra. Baca juga: 73 Sekolah Uji Coba PTM, Disdik Bogor: Setiap Kecamatan 6 Sekolah

Bila nanti ditemukan pelaanggaran, Indra mengaku belum akan memberikan sanksi. Sedangkan bagi mereka yang melanggar dan sudah diingatkan, pihaknya akan memberikan sanksi. "Sampai saat ini sanksi tidak ada, kemungkinan bisa saja ada penutupan paksa (kalau yang sudah diingatkan tetap melanggar)," jelas dia.



Diketahui, hampir di setiap tempat kuliner maupun tempat toko-toko baju di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dipadati pengunjung menjelang H-5 Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Pengamatan MNC Portal dari Jalaksana hingga Jalan Siliwangi, Cigembang, Kabupaten Kuningan pada Jumat (7/5/2021) petang, terlihat tempat kuliner dan toko baju dipadati pengunjung.

Mereka memadati tempat-tempat kuliner sambil berbuka puasa. Begitu juga toko baju, banyak masyarakat yang berburu baju untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. "Untuk keperluan lebaran, karena baru pulang juga dari Jakarta, jadi sekalian berbelanja di sini," ungkap Anggun (25) kepada MNC Portal.

Dirinya mengaku sudah 2 hari berada di kampung halamanya di wilayah Cigugur untuk berlebaran. "Udah 2 hari, kemarin pulang pakai mobil pribadi, alhamdulillah bawa syarat-syarat lengkap," jelas dia. Baca juga: Ganas dan Mematikan, Kasus Impor Covid-19 Inggris Pertama Ditemukan di Kabupaten Tangerang

Sementara di tempat kuliner, banyak warga memanfaatkan untuk buka bersama bersama keluarga. Hal itu dilakukan Ade (36) bersama keluarga besarnya. "Mumpung kumpul, jadi sekalian aja dateng ke sini saudara dari Jakarta," ungkap Ade.

Sementara ketika disinggung perihal protokol kesehatan, Ade mengaku berjaga-jaga dengan menggunakan masker, jaga jarak dan selalu membawa handsanitizer. "Intinya kita sebelum keluar ya mengingatkan agar selalu bermasker, dan bawa handsanitizer," ungkap dia.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top