Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran di Jawa Timur Stabil

Kamis, 06 Mei 2021 - 12:30 WIB
loading...
Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran di Jawa Timur Stabil
Pasar Murah di halaman Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Kamis (06/5/2021). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, harga bahan pokok di Jawa Timur stabil. Beberapa waktu lalu harga daging ayam sempat naik, namun saat ini sudah normal.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan, beberapa komoditas di Jatim seperti beras, daging ayam, daging sapi dan bawang putih, dan minyak goreng terpantau stabil.

"Beberapa harga kebutuhkan pokok di Jatim hingga kini masih terpantau aman. Mudah-mudahan dengan pasar murah ini bisa terus stabil sampai akhir atau sesudah Lebaran," katanya saat membuka Pasar Murah Kantor Disperindag Jatim, Kamis (06/5/2021).

Baca juga: 8 Jam Larangan Mudik, 730 Kendaraan di Jembatan Suramadu Diminta Putar Balik

Drajat mengatakan, pasar murah yang digelar atas arahan Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini bukan hanya digelar di Disperindag Jatim. Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga melakukan hal yang sama. Menurutnya, bahan pokok yang dijual di pasar murah ini sangat terjangkau karena barang yang dijual langsung dari produsen.

Pasar murah, lanjutnya, sengaja digelar dekat pemukiman warga agar masyarakat bisa mendapatkan harga yang murah tanpa perlu mendatangi lokasi yang cukup jauh.

Drajat menjelaskan, selain menjual bahan pokok seperti gula, tepung dan beras, pasar murah juga menjual produk UMKM seperti kerajinan dan aksesoris. Tujuannya untuk menggerakkan ekonomi yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Permudah Pembayaran PKB, Gubernur Khofifah Minta Layanan Samsat BumDesa Diperluas

"Hal yang kami utamakan dalam pasar murah ini adalah penerapan protokol kesehatan, sehingga tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19," katanya.

Ia menambahkan, pasar murah yang digelar dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) ini dimulai tanggal 5 sampai 6 Mei 2021. Warga bisa langsung datang dan memilih kebutuhan di lokasi. Sesangkan tanggal 19 Mei 2021 masyarakat bisa pesan online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)