PSBB Kota Tegal Berakhir, Awas Serbuan Pemudik Warteg

Jum'at, 22 Mei 2020 - 12:48 WIB
loading...
PSBB Kota Tegal Berakhir, Awas Serbuan Pemudik Warteg
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal akan berakhir hari ini, Jumat (22/5). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
TEGAL - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal akan berakhir hari ini, Jumat (22/5). Beredar informasi akan penutupan PSBB Kota Tegal dengan sirine dan pesta kembang api spektakuler di Alun-Alun Tegal. Yang perlu diwaspadai adalah gelombang mudik Lebaran akibat berakhirnya PSBB ini.

“Ini kebijakan dari Pemerintah Kota Tegal, saya rasa sangat riskan karena banyak warga Kota Tegal yang dari luar kota, terutama Warteg dari Jakarta yang pada mudik,” kata seorang tokoh masyarakat Kota Tegal, Gunawan.

“Ini malah dibebaskan dan sangat berbahaya sekali, apalagi sebelah-sebelah Kota Tegal masih zona merah. Wali Kota terlalu berani untuk ini,” tegasnya.

Dia pun menyesalkan bila penutupan PSBB dilakukan dengan pesta kembang api. Selain dikhawatirkan mengundang kerumunan massa, kegiatan itu juga dinilai kurang berempati terhadap tenaga medis maupun daerah lain yang masih menjadi zona merah. (Baca juga: Gelombang Tinggi Hantam Aceh Barat Daya, 38 Rumah Ambruk )

“Ironisnya malah pakai pesta. Pendapat saya tidak etis, tidak menghormati pada paramedis ataupun daerah lain yang masih terkena Covid-19 ini,” lugasnya.

Gunawan pun masih meragukan klaim nihil kasus Covid-19 di Kota Tegal. Sebab, menurutnya selama penerapan PSBB tidak melakukan rapid test atau swab test massal secara rutin, sehingga belum diketahui pasti kondisi di tengah masyarakat.

“Dan belum tentu Kota Tegal nol positif (Covid-19). Kenapa sampai sekarang nol? Kota Tegal pada waktu PSBB tidak melakukan rapid test rutin atau massal jadi tidak tahu kalau ada yang terkena,” cetusnya. (Baca juga: Polisi Gagalkan Pengiriman Sabu Seberat 800 Gram dari Aceh )

Sekadar diketahui, PSBB Kota berakhir hari ini Jumat (22/5/2020). Pemkot Tegal akan melakukan penyemprotan desinfektan massal di seluruh wilayah, sehingga warga diminta tidak keluar rumah pada siang hari. (baca juga: Sebanyak 77.894 Orang Mengakses Surat Izin Keluar Masuk Jakarta Selama PSBB )

Selain menggunakan mobil water cannon dari Polda Jateng, penyemprotan disinfektan juga dilakukan dari udara menggunakan helikopter. Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono akan memimpin langsung penyemprotan desinfektan.

Penerapan PSBB Kota Tegal sudah berlangsung selama dua tahap. Tahap I berlangsung pada 22 April - 6 Mei 2020 dan dilanjutkan Tahap II pada 7 Mei-22 Mei 2020. Kebijakan itu diklaim berhasil karena Kota Tegal sudah kembali menjadi zona hijau dan nol kasus positif Covid-19.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)