Ingatkan Pentingnya Gizi Seimbang, Ibas: Harus Lebih Peduli dan Saling Berbagi

Minggu, 02 Mei 2021 - 14:20 WIB
loading...
Ingatkan Pentingnya Gizi Seimbang, Ibas: Harus Lebih Peduli dan Saling Berbagi
Anggota MPR dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) saat Bakti Sosial dan Sosialisasi 4 Pilar di Magetan dan Ponorogo, Jatim. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Anak adalah harapan bangsa karena dapat membentuk negara yang kuat. Tetapi, banyak masyarakat yang kesulitan dalam menjangkau makanan sehat.

Baca juga: Asupan Gizi Anak Tentukan Masa Depan Bangsa

Anggota MPR sekaligus Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengingatkan pentingnya kesadaran orang tua akan gizi anak. Hal itu disampaikan saat bakti sosial dan Sosialisasi 4 Pilar di Balai Desa Kartoharjo, Magetan; dan Balai Desa Trisono, Ponorogo, Jawa Timur.

Baca juga: Iring-iringan Pemudik Motor Mulai Padati Jalur Pantura Cirebon

"Banyak saudara kita yang kesulitan untuk menjangkau makanan sehat yang penting dalam tumbuh kembang anak. Semoga anak-anak kita di Magetan dan Ponorogo tidak sampai mengalami kesulitan seperti ini," katanya secara daring, Sabtu (1/5/2021).

Menurut Ibas, kesehatan dan kesejahteraan adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika masyarakat sejahtera, maka akses gizi seimbang dan makanan sehat pasti akan lebih tercukupi. Karena itu, lanjut dia, masyarakat harus lebih peduli dengan sesama.

"Saat ini fokus kita yang utama adalah tertuju pada penanggulangan wabah COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Sementara itu, ada balita dan anak-anak di sekitar kita yang luput dari perhatian. Mungkin tetangga bahkan kerabat kita mengalami kesulitan, mari kita bantu bersama. Peduli dan saling berbagi," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya berhasil mengawal program penyaluran bahan makanan pengganti ASI (MP-ASI) untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Menurutnya, komitmen kuat dari seluruh pihak tentu dibutuhkan agar dampaknya bisa langsung dirasakan masyarakat.

"Peran bidan desa dan posyandu tentu sangat membantu dalam pendistribusian bantuan MP-ASI, tetapi jangkauan akan menjadi lebih luas jika kita ikut serta berpartisipasi dalam distribusi dan pendataannya. Monggo, dibantu untuk terus di-woro-woro (diingatkan), didata, dan didistribusi jika ada ibu hamil, balita dan anak anak sekitar kita yang memerlukannya," imbaunya.

Ibas juga berharap agar para peserta bisa terus memberikan ASI eksklusif kepada anak-anaknya. Pasalnya, ASl eksklusif merupakan sumber gizi yang paling utama untuk bayi.

"Ibu-ibu yang membutuhkan, saya berharap untuk tidak sungkan, karena balita dan anak-anak bukan hanya harapan keluarga, tetapi juga harapan bangsa ini ke depan," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)