Kemendag Siap Sokong Sumatera Utara Kembangkan Potensi Ekspor

Sabtu, 01 Mei 2021 - 10:59 WIB
loading...
Kemendag Siap Sokong Sumatera Utara Kembangkan Potensi Ekspor
Wagub Sumut Musa Rajekshah bersama Wamendag Jerry Sambuaga. Foto/HumasKemendag
A A A
JAKARTA - Sumatera Utara (Sumut) termasuk daerah yang berkembang pesat di Pulau Sumatera. Fakta itu tidak lepas dari geliat ekonomi yang didukung pembangunan sarana dan infrastruktur yang semakin gencar.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah atau yang sering disebut sebagai Bang Ijeck mengatakan bahwa beberapa sektor ekonomi makin tumbuh dan terus difasilitasi.

Di sektor pariwisata, Danau Toba sedang dikembangkan sebagai sektor super-prioritas. Pada sektor industri sedang dibangun kawasan industri terpadu, dalam pertanian dan perkebunan sedang dibangun kawasan food estate dan sebagainya. Semua itu membutuhkan dukungan dari aspek perdagangan.

Baca juga:95,17 Persen dari Total Aset LPS Mengendap di Surat Utang

“Perdagangan adalah hilir dari semua kegiatan produksi. Barang dan jasa yang kita punya harus kita pasarkan. Itu sebabnya saya datang ke Wamendag untuk menjalin sinergi dan kolaborasi," kata Wagub Sumut, dikutip Sabtu (30/4/2021).

Menanggapi ajakan tersebut, Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan siap mendukung semua jenis kegiatan perdagangan Indonesia, termasuk di Sumut. Baik sektor perdagangan rakyat yang tradisional maupun perdagangan modern harus terus didukung.

“Jangan lupa ekspor atau perdagangan luar negeri. Ini yang juga kita sedang genjot. Sumatera Utara punya banyak potensi ekspor. Kami berharap hasil perjanjian perdagangan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi ekspor Sumatera Utara,” kata Jerry.

Pada tahun 2020, di tengah pandemi, Sumatera Utara tetap mencatat surplus neraca perdagangan sebesar USD4,1 miliar (sampai dengan Desember 2020). Total ekspor Sumut mencapai USD8 Miliar dengan impor sebesar USD3,9 miliar.

Sumut sendiri merupakan 10 besar kontributor perdagangan ekspor Indonesia. Beberapa komoditas unggulan Sumut antara lain sawit, karet, sarang burung wallet, ikan, dan sebagainya.

Pada kesempatan yang sama, Wamendag juga menyoroti perdagangan rakyat Sumatera Utara. Menurut Jerry, Kemendag punya berbagai macam fasilitas, baik dalam penyediaan sarana dan prasarana, pelatihan, hingga sistem perdagangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)