Gagas Layanan Swab PCR, Injabar Unpad Pangkas Waktu dan Biaya Pengetesan

Jum'at, 30 April 2021 - 09:32 WIB
loading...
Gagas Layanan Swab PCR, Injabar Unpad Pangkas Waktu dan Biaya Pengetesan
Injabar Unpad meluncurkan inovasi layanan swab tes PCR yang akurat, cepat, dan harga yang terjangkau dalam upaya menekan kasus COVID-19 melalui penguatan 3T. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Institut Pembangunan Jawa Barat Universitas Padjadjaran (Injabar Unpad) melahirkan inovasi layanan swab PCR secara akurat, cepat, dan harga yang terjangkau.

Bahkan, masyarakat yang hendak melakukan pengetesan COVID-19 dapat memperoleh hasil tes maksimal 24 jam atau di hari yang sama.

Layanan same day ini merupakan hasil kolaborasi antara Injabar Unpad dengan Klinik Kesehatan Unpad dan LG International.

Direktur Utama Injabar Unpad, Keri Lestari mengatakan, melalui Padjadjaran Swab PCR Test yang diluncurkan di Klinik Kesehatan Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Kamis (29/4/2021), pihaknya berupaya menekan kasus COVID-19 dengan memperkuat testing, tracing, dan treatment (3T) yang dilakukan pemerintah.

Di sisi lain, masyarakat pun kini sangat membutuhkan layanan tes swab PCR yang cepat dan harga terjangkau.

"Jadi awalnya ini dari kebutuhan masyarakat akan pemeriksaan swab PCR secara cepat, namun harganya terjangkau. Swab PCR ini sebagai diagnostik utama kalau kita ingin mendeteksi COVID-19," kata Keri dalam keterangan resminya, Jumat (30/4/2021).

Selama ini, lanjut Keri, hasil pemeriksaan swab PCR memelukan waktu hingga berhari-hari. Masyarakat yang ingin mendapatkan hasil tes cepat, harus membayar dengan harga yang mahal.
Sehingga, pihaknya mencari solusi agar layanan tersebut dapat diperoleh cepat dan dengan harga terjangkau.

"Harganya Rp780.000 per tes. Layanan ini juga membantu Pemprov Jabar untuk beberapa daerah yang sekiranya belum mempunyai fasilitas BSL 2. Untuk pemeriksaan PCR bisa dikirimkan ke sini dan hasilnya maksimal 24 jam," katanya.

Keri mencontohkan, jika tes swab langsung dilakukan di Klinik Kesehatan Unpad, hasilnya bisa diterima di hari yang sama.

Jika tes dilakukan di bawah pukul 12.00 WIB, maka hasilnya bisa diterima pada pukul 16.00 WIB. Tapi jika pengetesannya dilakukan di luar kota, seperti Pangandaran, hasilnya baru bisa diterima 24 jam kemudian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2039 seconds (11.97#12.26)