Berjuluk Pasukan Setan, Ini Kemampuan Batalyon Infanteri 315/Garuda yang Akan Diterjunkan Tumpas OPM di Papua

loading...
Berjuluk Pasukan Setan, Ini Kemampuan Batalyon Infanteri 315/Garuda yang Akan Diterjunkan Tumpas OPM di Papua
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengecek kesiapan persenjatan Yonif 315/Garuda. Foto Pendam Siliwangi
BOGOR - Pasukan Setan julukan Batalyon Infanteri Yonif 315/Garuda pasukan pemukul Korem 061/Suryakencana, Kodam III/Siliwangi bakal diterjunkan ke daerah rawan di Papua . Sebelum diberangkatkan pasukan berjuluk Pasukan Setan ini dicek kesiapannya oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Markas Yonif Garuda Kota Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (27/4/2021) kemarin.

Pangdam Siliwangi memastikan seluruh personel Yonif Garuda siap mengemban tugas negara mengamankan daerah rawan Papua. Mereka diminta menjalani tugas dengan rasa bangga.

"Pertahankan dan tingkatkan reputasi yang telah dimiliki, maka tidak ada alasan untuk gagal dalam operasi," kata Mayjen TNI Nugroho, Selasa kemarin.

Baca: Pukul Mundur Kelompok Lekagak Telenggen 1,6 Km, Pasukan TNI Polri Tembak 5 Anggota OPM


Yonif Garuda yang berjuluk Pasukan Setan ini memiliki sejumlah kemampuan mumpuni dalam melaksanakan tugas operasi militer perang (OMP), maupun selain perang OMSP.

Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, personel ini sudah menjalani latihan taktik dan teknik pertempuran, termasuk menembak.



"Ini menunjukkan kesiapan satuan ini untuk diberangkatkan dalam melaksanakan tugas pengamanan," ujar Brigjen TNI Kunto Arief.

Selain itu, mereka memiliki kemampuan mengendus atau mencium musuh dengan baik. Dengan kemampuan itulah, Yonif Garuda mendapat julukan Pasukan Setan.

Baca: 5 Anggotanya Dinyatakan Tewas Ditembak Pasukan TNI-Polri, Ini Reaksi Pimpinan OPM Lekagak Telenggen

"Dengan kemampuan yang dimiliki, kami yakin satuan ini dapat menumpas kelompok separatis bersenjata (KKB) di Papua, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dalam setiap langkah dan tindakan," ujar Kasdam Siliwangi.
(sms)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top