Ditinggal Suami Jadi TKI, Seorang Istri di Tulungagung Terjaring Razia dengan Pria Lain

Rabu, 28 April 2021 - 20:14 WIB
loading...
Ditinggal Suami Jadi TKI, Seorang Istri di Tulungagung Terjaring Razia dengan Pria Lain
ilustrasi
A A A
TULUNGAGUNG - Saat digerebek di kamar kosnya di wilayah Kota Tulungagung, pasangan DE dan LL yang lagi berduaan mengaku sudah menikah siri. Keduanya berharap tidak ikut digelandang petugas Satpol PP Pemkab Tulungagung yang sedang menggelar razia di rumah kos kosan.

Tapi petugas tetap membawanya ke Kantor Satpol PP. "Salah satu yang dibawa ke kantor satpol adalah pasangan yang mengaku nikah siri," tutur Kabid Penegakkan Perda dan Perbup Satpol PP Kabupaten Tulungagung Artista Nindya Putra kepada wartawan Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Ustaz Abdul Somad Resmi Menikahi Fattimah Azzahra

Pasangan DE dan LL sama sama warga Tulungagung. Dalam interogasi, LL mengaku masih bersuami yang tercatat secara sah di KUA. Lantaran merasa tidak dinafkahi, karena si suami bekerja sebagai buruh migran, LL memutuskan menikah lagi dengan DE.

Ikatan suami istri tersebut disahkan secara siri. Secara agama, kata Artista memang sah. Namun secara hukum negara, tidak sah. Ia juga memastikan apakah dalam pernikahan siri tersebut sudah sepengetahuan pasangannya yang sah.

"Kita akan memastikan itu," kata Artista. Razia secara acak di delapan rumah kos kosan itu juga menjaring dua pasangan lain jenis yang sedang berkencan di dalam kamar. Keempat orang itu rata rata masih berusia 19 tahun dan 20 tahun.

Baca juga: Pemprov Jatim Raih SAKIP Predikat A Tujuh Tahun Berturut-Turut, Ini Kata Khofifah

Bahkan salah satunya berstatus mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Tulungagung. Semuanya dibawa ke Kantor Satpol PP. Mereka diberi pengarahan sekaligus membuat pernyataan tidak mengulangi lagi. Menurut Artista, pihaknya juga akan memanggil pemilik kos kosan.

Hal itu mengingat dari sebanyak 500 rumah kos di Tulungagung, baru separuh yang mengantongi izin. Selain soal izin, yakni termasuk izin mendirikan bangunan, petugas juga akan mempertanyakan alasan pemilik kos membolehkan adanya pasangan lain jenis tanpa ikatan pernikahan. "Besok pemilik kos akan kita panggil," pungkas Artista.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)