Usai Sahur, Subang Diguncang Gempa Magnitudo 3,2 SR

Jum'at, 23 April 2021 - 06:15 WIB
loading...
Usai Sahur, Subang Diguncang Gempa Magnitudo 3,2 SR
Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada pukul 04:47:33 WIB, Jumat (23/4/2021). Foto/Ist
A A A
SUBANG - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada pukul 04:47:33 WIB, Jumat (23/4/2021).

Kendati ringan, gempa dirasakan masyarakat usai melaksanakan sahur. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3.2.

Episenter terletak pada koordinat 6.63 LS dan 107.83 BT. Gempa tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km Tenggara Kabupaten Subang, Jawa Barat pada kedalaman 5 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Gempa terjadi akibat aktivitas Sesar Subang yang berada di sekitar Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, dampak gempa bumi juga dirasakan masyarakat, digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG.

Baca juga: Kepala Desa Karangkamulyan Ciamis yang juga Eks Wartawan Meregang Nyawa Ditabrak Orang Tak Dikenal

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Subang dengan Skala Intensitas II - III MMI, yairu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca juga: Romantisnya Ridwan Kamil, Hibur Istri yang Tengah Isolasi Mandiri Pamer Skill Moonwalk ala Michael Jackson

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuh dia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)