6 Kelompok OPM Disebut Telah Berkumpul di Ilaga, Pasukan TNI-Polri Disiagakan

loading...
6 Kelompok OPM Disebut Telah Berkumpul di Ilaga, Pasukan TNI-Polri Disiagakan
Sejumlah KKB atau TPNPB OPM dari berbagai daerah di Papua disebut sebut telah berkumpul di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Pasukan TNI-Polri di Ilaga Papua/Humas Pemkab Puncak
ILAGA - Sejumlah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau yang dikenal sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) dari berbagai daerah di Papua disebut sebut telah berkumpul di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Belum diketahui maksud berkumpulnya KKB atau OPM ini di Ilaga Kabupaten Puncak Papua.
6 Kelompok OPM Disebut Telah Berkumpul di Ilaga, Pasukan TNI-Polri Disiagakan

Namun berdasarkan informasi berkumpulnya KKB atau OPM untuk melakukan kegiatan bakar batu dan bakar honai. Karena itu diperoleh informasi sejumlah pasukan khusus TNI-Polri sudah disiagakan di Ilaga Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal ketika dikonfirmasi soal adanya pengerahan pasukan Brimob membenarkan bahwa pasukan Brimob telah tiba di Ilaga Papua. " Ya memang sudah ada pasukan itu (Brimob) di Ilaga Papua," kata Kombes Pol AM Kamal, kepada SINDOnews.

Baca: Bupati Puncak Marah KKB Membunuh dan Langgar Adat Papua

Sementara Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengatakan, Polisi sudah melakukan kegiatan - kegiatan untuk menciptakan keamanan di dalam Kota Ilaga, yaitu Patroli dalam kota.

"Saya meminta kepada masyarakat agar kita sama - sama menjaga dan menciptakan situasi aman di Kabupaten Puncak," kata Kapolres saat menggelar pertemuan dengan Muspika Kabupaten Puncak di Aula Negelar Pemda Puncak, Kp Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Selasa (20/4/2021).



Dandim Puncak Jaya Letkol Inf Rofi Irwansyah juga mengatakan, kehadiran TNI/Polri untuk menjaga masyarakat dan menjaga keamanan Kabupaten Puncak.

"Oleh karena jangan karena kehadiran kita membuat masyarakat menjauh dari kita, tetapi jadikan kita sebagai bagian dari masyarakat agar kita bisa menciptakan keamanan di dalam Kota Ilaga. Kita juga sudah melaksanakan Pengamanan dalam Kota Ilaga, kita melakukan kegiatan patroli dalam kota ini untuk menciptakan keamanan dan juga memberi keamanan kepada masyarakat, agar kelompok KKB tidak bisa masuk ke dalam Kota Ilaga, untuk membuat keributan," katanya.

Baca: Gempar! OPM Targetkan Bunuh 19 Orang di Ilaga Papua, Pasukan TNI/Polri Siaga Patroli Kota


Sebelumnya KKB telah melakukan serangkaian teror di Kabupaten Puncak sehingga menewaskan sejumlah warga sipil diantaranya guru, pelajar dan tukang ojek. Selain itu mereka juga disebut sebut telah melakukan serangkaian pemerkosaan terhadap warga sipil.
(sms)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top