Wujudkan 100 Persen TOSS Desa, Bupati Suwirta Genjot Pengelolaan Sampah

Jum'at, 16 April 2021 - 15:35 WIB
loading...
Wujudkan 100 Persen TOSS Desa, Bupati Suwirta Genjot Pengelolaan Sampah
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengadakan pembinaan langsung ke TOSS (tempat pengelolaan sampah dengan berbasis komunitas) Desa di Kecamatan Klungkung, Jumat (16/4/2021).
A A A
SEMARAPURA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung I Ketut Suadnyana mengadakan pembinaan langsung ke TOSS (tempat pengelolaan sampah dengan berbasis komunitas) Desa di Kecamatan Klungkung, Jumat (16/4/2021).

Tujuan pembinaan ini adalah untuk mendorong optimalisasi pengolahan sampah di desa. Adapun lokasi pembinaan antara lain Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPST3R) Gelgel, TOSS Kampung Jawa, dan TPST Desa Tangkas. Kegiatan ini sejalan dengan Pergub Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Pergub Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber.
Wujudkan 100 Persen TOSS Desa, Bupati Suwirta Genjot Pengelolaan Sampah

Dalam pemaparannya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa kuatnya kelembagaan adat di desa diharapkan ketaatan terhadap aturan pembuangan dan pengolahan sampah di desa dapat berjalan dengan baik. Perlu leadership di desa baik Perbekel, Jro Bendesa, maupun tokoh masyarakat untuk memotivasi ketaatan warga.

Bupati Suwirta menegaskan, pada intinya pengolahan sampah sangat sederhana namun diperlukan komitmen dan kesadaran. Pertama upaya pemilahan sampah organik dengan anorganik, kemudian sampah organik dapat diselesaikan di rumah tangga untuk keperluan pupuk. Masing-masing rumah tangga membuat bangdaus (blumbang) untuk menampung sampah organik. Selanjutnya sampah organik yang tidak diolah dan sampah anorganik hasil pemilahan di rumah tangga dikumpulkan untuk diangkut sesuai jadwal ke TOSS Desa (TP3R).

"Mari tuntaskan semua permasalahan sampah di wilayah pedesaan dan perkampungan yang ada di Kabupaten Klungkung," ujarnya. (CM)
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6330 seconds (0.1#10.140)