Aktivitas Sesar Walanae Picu Gempa 4,3 SR di Bulukumba

Selasa, 13 April 2021 - 20:13 WIB
loading...
Aktivitas Sesar Walanae Picu Gempa 4,3 SR di Bulukumba
Ilustrasi. Foto: SINDOnews
A A A
BULUKUMBA - Gempa bumi berkekuatan 4,3 SR terjadi di Kabupaten Bulukumba, Selasa (13/4/2021), sekitar 02.08 Wita. Pusat gempa terjadi di5,08 LS, 120.57 BT, 60 km timur laut Bulukumba di kedalaman 7 Km.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba , Andi Akrim Amir, mengimbau warga agar tetap tenang dan waspada. Ia meminta warga tak terpengaruh informasi hoaks terkait gempa tersebut.



"Tentunya kami harapkan masyarakat tetapi tenang dan waspada. Terpenting, tidak mempercayai langsung info-info yang sumbernya tidak jelas," ketik Andi Akrim Amir, Selasa (13/4/2021).

Andi Akrim mengaku bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Gofisika, dan Klimatologi (BMKG) untuk mengetahui perkembangan terkini usai gempa tersebut.

Ia menyampaikan, gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Walanae, patahan di perut bumi Sulsel. Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Bulukumba II MMI, namun tak berpotensi tsunami.



Andi Akrim pun meminta masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa .

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," beberapa Andi Akrim.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)