Obesitas Dinilai Turunkan Imun dan Rentan Infeksi COVID-19

Selasa, 13 April 2021 - 10:23 WIB
loading...
Obesitas Dinilai Turunkan Imun dan Rentan Infeksi COVID-19
Obesitas Dinilai Turunkan Imun dan Rentan Infeksi COVID-19. Foto/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Obesitas masih menjadi ancaman serius bagi masyarakat di Indonesia. Kondisi itu juga memperparah imunitas di tengah upaya menjaga kesehatan dari penularan COVID-19.

Pakar Kesehatan dan Gizi Universitas Airlangga Dr. Noer Saudah, S.Kep., Ns., M.Kes menuturkan, obesitas dapat menurunkan sistem imunitas tubuh.

Sehingga hal ini akan berpengaruh pada kekebalan dalam melawan infeksi termasuk COVID-19 dan menyebabkan kerentanan terhadap virus tersebut.

Pada era pandemi seperti ini perlu adanya pengoptimalan kondisi metabolisme untuk mencegah kematian akibat COVID-19. Utamanya bagi seseorang yang mengalami obesitas.

Berat badan yang berlebih menyebabkan penumpukan sel-sel lemak di dalam tubuh. Sel-sel lemak yang menumpuk meningkatkan inflamasi atau peradangan sehingga membuat penyakit lebih mudah masuk.

Kemudian, orang dengan sindrom metabolik seperti obesitas, akan terjadi resistensi insulin, gangguan toleransi glukosa, dan berakhir pada diabetes.

“Dari sudut pandang metabolik, obesitas dapat menyebabkan resistensi insulin dan penurunan fungsi sel beta pankreas. Kedua hal tersebut akan membatasi respons metabolik saat tubuh mengalami tantangan imunitas,” katanya, Selasa (13/4/2021).

Ia menambahkan, COVID-19 secara langsung dapat mengganggu fungsi sel beta pankreas melalui interaksinya dengan angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2).

Selain itu, jaringan adiposa berlebihan menyediakan reservoir reseptor ACE2 yang menjadi entry dari virus SARS-CoV-2 ini.

Dari sudut pandang respons imun, katanya, terdapat hubungan jelas antara obesitas dengan COVID-19, karena jaringan adiposa pada pasien obesitas bersifat proinflamasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2937 seconds (0.1#10.140)