Gempa Malang Akibatkkan Sembilan Warga Blitar Luka luka

Sabtu, 10 April 2021 - 18:31 WIB
loading...
Gempa Malang Akibatkkan Sembilan Warga Blitar Luka luka
ilustrasi
A A A
BLITAR - Sedikitnya sembilan orang warga Kabupaten Blitar mengalami luka luka akibat gempa bermagnitudo 6,7 yang berpusat di Kabupaten Malang. Menurut Kepala BPBD Kabupaten Blitar Achmad Kholik, semua korban telah menjalani perawatan di masing masing puskesmas.

"Yang mengalami luka luka ada sembilan orang. Semua sudah ditangani di delapan puskesmas," ujar Kholik kepada wartawan Sabtu (10/4/2021). Informasi yang dihimpun, luka luka yang diderita para korban akibat tertimpa runtuhan bangunan.

Baca juga: Adu Cepat Pengunjung Mall Berebut Tangga Berjalan Selamatkan Diri dari Gempa Malang

Kholik yang saat ini masih bekerja keras menginventarisir data kerusakan, tidak menjelaskan lebih jauh luka yang diderita korban. Ia hanya memastikan, guncangan gempa yang dirasakan di Kabupaten Blitar tidak sampai merenggut korban jiwa.

"Tidak ada korban jiwa. Jangan sampai lah," tambah Kholik. Dari data sementara yang dihimpun tim URC BPBD Kabupaten Blitar, guncangan gempa menimbulkan dampak kerusakan secara langsung.

Baca juga: Janda Sofiah Selamat dari Reruntuhan Rumahnya Saat Terjadi Gempa Malang

Kholik menyebut Kecamatan Wates, Binangun, Kesamben, Selorejo, Selopuro Kanigoro, Ponggok dan Doko sebagai wilayah yang terdampak gempa. Diperkirakan ada puluhan rumah warga yang rusak dengan skala kerusakan yang berbeda.

Termasuk juga kerusakan fasilitas umum dan tempat ibadah, kata Kholik, tim BPBD masih melakukan penginventarisiran data. "Termasuk genting gedung DPRD Kabupaten Blitar yang melorot," tambah Kholik.

Kholik juga menegaskan, dalam penanganan bencana ini pihaknya lebih dulu mengutamakan penanganan manusia. Yakni yang sakit dan perlu penanganan medis, langsung dilarikan ke puskesmas atau rumah sakit.

Sedangkan yang terluka lebih ringan cukup diobati di tempat. Setelah memastikan semua warga aman, langkah lanjutan tim BPBD, kata Kholik adalah memastikan data kerugian material. "Fokus kita keselamatan manusianya dulu," tegas Kholik.

Sesuai laporan BMKG, gempa yang mengguncang, berkekuatan 6,7 maghnitudo. Gempa berpusat di lokasi 8.95 LS, 112.48 BT atau 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang. Gempa di kedalaman 25 Km tersebut tidak berpotensi tsunami.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2497 seconds (0.1#10.140)