Jelang Ramadan, GM PLN Babel Lakukan Inspeksi Sistem Kelistrikan

Senin, 05 April 2021 - 11:00 WIB
loading...
Jelang Ramadan, GM PLN Babel Lakukan Inspeksi Sistem Kelistrikan
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel), Amris Adnan beserta dengan jajaran manajemen melakukan inspeksi terhadap sistem kelistrikan di Babel, Jumat (2/4/2021). Foto/Ist
A A A
PANGKALPINANG - Menjelang bulan Ramadhan, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel), Amris Adnan beserta dengan jajaran manajemen melakukan inspeksi terhadap sistem kelistrikan di Babel, akhir pekan kemarin.

Ini dilakukan untuk menjamin kelancaran pasokan listrik ke masyarakat. Inspeksi dimulai dari sistem pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Merawang, kemudian dilanjutkan ke gardu induk (GI) dan unit layanan pelanggan (ULP) Sungailiat.

Inspeksi juga dilakukan pada sistem Belinyu dengan melakukan pengecekan pada kantor jaga Belinyu, PLTD Belinyu, dan pembangkit lsitrik tenaga surya (PLTS) Belinyu.

“Kami ingin memastikan bahwa sistem kelistrikan di Babel andal, khususnya pada periode rentetan hari raya dalam beberapa minggu ke depan, baik itu perayaan Paskah, Ramadhan, hingga Hari Raya Idul Fitri nanti,” kata GM PLN Babel, Amris Adnan, Senin (5/4/2021)

Pada Ramadhan nanti, beban puncak diperkirakan terjadi dua kali dalam sehari. Pertama pada pukul 18.00 WIB–22.00 WIB bertepatan dengan momen buka puasa, dan yang kedua pukul 03.00 WIB– 05.00 WIB.

Saat ini kondisi kelistrikan di Bangka Belitung dalam kondisi yang cukup. Tercatat suplai di pulau Bangka sebesar 182 mega watt (MW) dengan demand 161 MW, sementara di sistem kelistrikan Belitung suplai listrik sebesar 78,5 MW dengan demand 45,5 MW.

Baca juga: Polisi Tertipu Investasi Bodong, Simak Selengkapnya di iNews Siang Senin Pukul 11.00 WIB

Kondisi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di Bangka dan Belitung selama bulan Ramadan.

Namun begitu, kondisi yang ada di luar kendali masih mungkin terjadi. Seperti gangguan pada sistem yang disebabkan oleh pohon tumbang, hewan dan petir.

Baca juga: 200 Ton Zircon yang Ditahan ESDM Diduga Mengandung Radioaktif

"Untuk mempercepat pemulihan jika terjadi gangguan, PLN menyiapkan petugas piket yang siaga 24 jam dan SOP pemulihan sistem apabila terjadi gangguan," ujarnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)