Waspadai Semburkan Wedus Gembel Merapi Sejauh 1 Km dan 18 Kali Lava Pijar

Minggu, 04 April 2021 - 20:40 WIB
loading...
Waspadai Semburkan Wedus Gembel Merapi Sejauh 1 Km dan 18 Kali Lava Pijar
Gunung Merapi masih terus mengeluarkan wedus gembel dan lava pijar . Foto SINDOnews/Suharjono
A A A
YOGYAKARTA - Gunung Merapi masih terus mengeluarkan wedus gembel dan lava pijar . Hari Ini tercatat Gunung yang berada di perbatasan antara DIY dan Jawa Tengah ini mengeluarkan satu kali awan panas dengan jarak luncur 1 km. Selain itu juga luncuran lava pijar sebanyak 18 kali.

Baca juga: Sabtu Merapi Kembali Semburkan Wedus Gembel Tiga Kali dan Lava Pajar Dua Kali

Kepala Balai Penyelidikan dan pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan situasi Merapi masih fluktuatif dengan aktivitas vulkanik yang masih tinggi. Namun demikian masih dalam jarak aman dan tidak membahayakan aktivitas warga.

"Hari Ini Merapi satu kaki mengeluarkan awan pada pukul 10.53 WIB. Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 25 mm dan durasi 86 detik. Jarak luncur ± 1.000 meter ke arah barat daya. Angin bertiup ke timur," terangnya, Minggu (4/4/2021).

Baca: Pagi Ini Merapi Muntahkan Satu Kali Awan Panas dan 10 Kali Lava Pijar

Selain awan panas Merapi juga mengeluarkan lava pijar. Sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB tercatat 18 kali lava pijar. " Status Merapi belum berubah. Masih siaga atau level III, " ulasnya.

Saat ini pihaknya sudah memberikan rekomendasi terkait aktivitas warga. Hal ini terkait dengan aktivitas penambangan di sungai yang berhulu di Merapi. "Potensi hujan di puncak bisa menyebabkan lahar hujan sehingga warga yang beraktivitas di alur sungai harus berhati- hati," pungkasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4091 seconds (0.1#10.140)